February 17, 2018

Tanaman Gubis di Lereng Ijen

– Tanaman Gubis di Lereng Ijen

Banyuwangi, Memorandum – Tanam kubis di lereng Gunung Ijen, Banyuwangi jadi alternatif pilihan warga setempat sebagai sumber penghasilan dari sektor pertanian.

Petani kubis asal Desa Tamansari Kecamatan Licin, Suwarno, mengatakan, sebagian warga kini tengah gemar tanam kubis di lereng Gunung Ijen. Tanam kubis ini juga merupakan ladang rejeki bagi warga setempat setelah madu dan hasil perkebunan.

Puluhan hektar yang ditanami kubis ini milik PT. Lidjen yang sebelumnya memberi kesempatan peluang bagi petani untuk menanami tanaman pertanian tanpa uang sewa. Dan kebanyakan petani memilih tanam kubis karena kontur dan tekstur tanahnya yang dirasa cocok untuk tanam kubis.

Dulunya, lahan ini merupakan lahan perkebunan yang rencananya akan ditanami kopi arabika sehingga banyak pohon gemilina ditebangi dan membiarkan tonggak bekas pohon supaya tetap bisa menyerap air. Namun, rencana itu belum terealisasi, yang pada akhirnya dimanfaatkan petani untuk tanam kubis.

Hingga saat ini, selain tanam sendiri petani juga sudah memasarkan ke berbagai wilayah dalam kota maupun luar kota, keuntungannyapun cukup untuk mengisi keperluan dapur rumah, pungkasnya. (fat/bud)

Sumber | Surat Kabar Harian Memorandum

banner 468x60