February 13, 2018

Tak Puas Muscab Perbakin, Dimyati Hengkang

– Ketua Umum Perbakin Banyuwangi, Letkol (Inf) Roby Bulan (Kanan), saat Muskab Perbakin. (Memorandum – IrhamKusuma)

Banyuwangi, Memorandum – Musyawarah Kabupaten (Muskab) Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) Banyuwangi  yang digelar di Aula Kodim Banyuwangi,  Rabu malam (11/5) sempat memanas. Bahkan lantaran merasa tak puas dengan cara yang dilakukan pimpinan sidang, salah satu calon ketua, M Dimyati, meninggalkan ruangan meski acara belum tuntas. Dia mengaku kesal, karena saran yang disampaikan dalam forum tak digubris oleh pimpinan sidang. Terlebih menurutnya sebelumnya dia sudah didukung secara tertulis oleh Baong Shooting Klub, namun tiba – tiba diganti calon lain tanpa sepengetahuanya. “Dibilang legowo ya monggo legowo aja. Tapi dibilang tidak, ya memang tidak legowo,” cetus Dimyati.

Dalam muskab tersebut, tim penjaringan menyeleksi dari 15 bakal calon menjadi 3 orang calon ketua, yaitu Wahyudi Ikhsan, M Dimyati dan Sutopo. Berdasarkan hasil tim penjaringan, Wahyudi Ikhsan mendapat dukungan dari 3 klub, M Dimyati 1 klub dan Sutopo satu klub. Jumlah klub yang memiliki suara yaitu 5 klub.

Berdasarkan AD-ART Perbakin, calon ketua yang berhak maju dan dipilih yaitu yang mendapat dukungan minimal dari 2 klub. Sehingga dalam sidang tersebut Wahyudi Ikhsan satu – satunya yang memiliki kesempatan menjadi ketua. Meski sempat menuai protes agar dilakukan voting, namun dari 5 klub yang memiliki  hak suara, sebanyak 4 klub menyatakan agar Wahyudi langsung ditetapkan sebagai ketua. Sehingga Wahyudi Ikhsan sah sebagai Ketua Perbakin Banyuwangi, periode 2017 – 2021.

Sebagai ketua yang baru terpilih, Wahyudi Ikhsan mengatakan diawal tugas dia akan memperbaiki manjemen Perbakin Banyuwangi, khususnya bidang administrasi dan keuangan. Selian itu pihaknya juga akan meningkatkan koordinasi antar pengurus, antar klub dan anggota. “Atlet dan pengurus juga akan kita beri workshop tentang menembak, sebab di Banyuwangi masih kurang pelatih menembak,” pungkasnya.

Dandim 0825 Banyuwangi Letkol (Inf) Roby Bulan selaku Ketua Umum Perbakin Banyuwangi dalam sambutannya berharap, agar soliditas tetap dijaga untuk kebaikan dan kemajuan Perbakin Banyuwangi. “Kita pada prinsipnya adalah satu, karena yang terpilih adalah orang – orang perbakin,” ungkanya.

Sementara itu, meski sudah menggelar Muskab, namun ketua terpilih Perbakin Banyuwangi, Wahyudi Ikhsan, masih harus melengkapi persyaratan guna mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari Pengprov. Terlebih Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Banyuwangi belum dapat memastikan apakah akan mengeluarkan surat rekomendasi muskab yang dilakukan oleh Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) Banyuwangi. Sebab dalam muskab perbakin yang digelar Rabu malam (11/5) itu tidak dihadiri oleh Pengprov Perbakin.

Padahal sebelumnya KONI Banyuwangi sudah mewanti – wanti agar cabor yang melaksanakan muskab, harus dihadiri tiga unsur, yaitu pihak yang memiliki hak suara, pengprov cabang olahraga tersebut, serta pengurus KONI Banyuwangi. Hal itu dilakukan agar hasil muskab yang dilakukan memenuhi syarat yang sudah ditentukan. “KONI akan meminta penjelasan terhadap Perbakin, apa alasannya Pengprov Perbakin tak dapat hadir,” ujar Kabid Binpres KONI Banyuwangi, Bonavita Wijayanto. (ham/bud)

Sumber | Surat Kabar Harian Memorandum

banner 468x60