Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Tak Perlu Pergi ke Jepang, Makanan Sushi Ada di Banyuwangi

Tak Perlu Pergi ke Jepang, Makanan Sushi Ada di Banyuwangi

(391 Views) July 3, 2017 8:35 pm | Published by | No comment

BANYUWANGI, PETISI.CO  – Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang untuk sekedar mencicipi sushi makanan khas asal Negeri Tirai Bamboo Jepang. Di Banyuwangi sudah ada “Sushi Kirana” yang menyajikan lengkap aneka kuliner berbahan dasar nasi dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan iklan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak.

Pemilik usaha kuliner Sushi Kirana, Rifqi Ramdhani mengatakan, memang benar kuliner sushi berasal dari Jepang, tapi warga Banyuwangi yang hendak mencicipi sushi tidak perlu jauh pergi ke Jepang.

Cukup mendatangi atau pesan antar ke Sushi Kirana yang terletak di Jl. Mataram Kelurahan Tamanbaru Kecamatan Banyuwangi.

Rifqi mengaku, usaha yang digeluti bersama istri yakni Raudhatul Habibah berawal dari kegemarannya memasak dan pengalaman bekerja di salah satu hotel ternama di Bali. Kemudian, dari kegemarannya memasak tersebut tercetus ide kreatif membuat makanan sushi yang yang cocok dengan kantong dan lidah orang Banyuwangi.

Dalam merintis usahanya tersebut,  penjualan sushi pernah dilakukan di angkringan kaki lima, memasarkan lewat media sosial, hingga menawarkan sushi ke perusahaan dan kantor-kantor dinas. Tak jarang pula, konsumen mendatangi rumahnya di belakang Taman Makam Pahlawan Banyuwangi.

Kini, usahanya tersebut mulai berkembang dan mampu menyewa warung kecil di Jl. Mataram Kelurahan Tamanbaru, Banyuwangi serta menggaji tiga karyawan.

Makanan khas Jepang Sushi bisa makan langsung atau diantar ke rumah

Di awal pembuatan hanya mampu membuat tiga jenis menu sushi saja, kini sudah ada sepuluh menu sushi yang siap disantap. Varian menunya-pun berbagai macam dari mulai sushi goreng, sushi gulung dan bowl. Tersedia pula paket  menu sushi reguler sebanyak 9 potong dan kecil sebanyak 5 potong sushi yang dihidangkan menggunakan mika. Untuk harga juga cukup murah meriah, dari Rp. 10 ribu hingga Rp. 55 ribu. Sushi Kirana juga menyediakan paket acara ulang tahun yang dibanderol dengan harga ratusan ribu sesuai keinginan konsumen. Yang pasti bikin ngiler pecinta sushi.

Pilihan menu yang disajikan dari sushi goreng antara lain, crazy crab, shireng, dan sosis bites. Untuk sushi roll yakni, salmon avocado, salmoneko, twin tuna, california roll, spicy prawn roll, abon keju roll, teriyaki roll, spicy crab, hot chiken, chiken floss. Sementara untuk yang disajika dalam menu bowl yakni, rice bowl teriyaki, wings bowl, dan chiken wings. Untuk menu andalan yang diminati konsumen yakni sushi berbahan dasar ikan salmon yang rasanya enak dan gurih.

Dalam segi omset, Rifqi mampu meraup untung perhari sekitar Rp. 1 juta dengan keuntungan bersih sekitar Rp. 500 ribu. Dalam sebulan, omset bisa mencapai sekitar Ro. 28 juta dengan keuntungan bersih sekitar Rp. 7 juta. Keuntungan bersih tersebut sudah dipotong untuk keperluan menggaji karyawan, sewa tempat dan modal bahan baku, ujar Rifqi.

Rifqi menambahkan, dulu modalnya hanya sekitar Rp. 50 ribu saja. Kini setelah usahanya meroket dan peminat sushi makin banyak, keperluan belanja atau modal membuat sushi mencapai Rp. 400-500 ribu.

Nilai tersebut, sudah mencukupi keuntungan penjualan sushi dalam sehari. Karena dalam sehari, pembeli yang datang mencapai puluhan orang, konsumen terbanyaknya yakni ibu-ibu hingga kalangan remaja. (ft/to)

Tak Perlu Pergi ke Jepang, Makanan Sushi Ada di Banyuwangi

Categorised in:

No comment for Tak Perlu Pergi ke Jepang, Makanan Sushi Ada di Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*