Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PENDIDIKAN » Tak Gubris Putusan Perpenas, Drs H Sunartono Tetap Aktif Mengajar

Tak Gubris Putusan Perpenas, Drs H Sunartono Tetap Aktif Mengajar

(240 Views) March 8, 2017 12:09 am | Published by | No comment

– Drs H Sunartono. (Memorandum – Eko Budi Setianto)

Banyuwangi, Memorandum – Keputusan Pengurus Perkumpulan Gema Pendidikan Nasional 17 Agustus 1945 (Perpenas) Banyuwangi memberhentikan Sunartono sebagai Kepala Sekolah SMA 17 Agustus 1945 Banyuwangi dan Guru Tetap Perpenas tidak digubris. Sunartono hingga saat ini masih melakukan aktivitasnya sebagai guru dan Kepala Sekolah.

Sunartono menyatakan surat pemecatan yang ditanda tangani Ketua Perpenas Sugihartoyo tersebut tidak berpengaruh apapun terhadap dirinya. Pasalnya, kata Sunartono, Perpenas bukanlah lembaga pendidikan yang menaunginya. “Kan Perpenas sudah kalah ditingkat PTUN maupun di PN Banyuwangi. Jadi dia (Sugihartoyo, red.) itu bukan pimpinan saya. Dia tidak berhak memecat saya,” ungkap pria yang biasa dipanggil Anton ini saat ditemui Memorandum di tempat tinggalnya, Selasa (7/3) kemarin.

Hingga saat ini Sunartono tetap menjalankan aktivitasnya baik sebagai guru tetap maupun sebagai Kepala SMA 17 Agustus 1945. Dia menganggap surat pemecatannya tidak sah dan salah alamat. Dia tetap bertahan dengan posisinya di SMA 17 Agustus 1945 Banyuwangi semata-mata karena mengikuti koridor dan keputusan hukum yang berlaku. “Sampai hari ini saya tetap menjalankan tugas-tugas saya,” tandasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Sugihartoyo menyatakan, proses pemecatan Sunartono sudah sah dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Pemberhentian itu dituangkan dalam surat keputusan nomor : 332/Son-3/PK/XI/2016  tertanggal 1 november 2016. “Dia diberhentikan sebagai kepala sekolah karena masa jabatannya sudah habis,” tegasnya.

Bersamaan dengan pemberhentian Sunartono Perpenas juga sudah mengangkat Sugeng Hariyadi sebagai Kepala Sekolah SMA 17 Agustus 1945 Banyuwangi. Sugihartoyo mengaku penggantian Kepala Sekolah itu saat itu langsung dilaporkan ke Dinas Pendidikan. Pihaknya juga langsung melaporkan hal itu ke Kantor Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tiimur begitu Pendidikan ditarik ke Dinas Pendidikan Propinsi jawa Timur.

Lebih jauh dijelaskan, kewenangan pemberhentian Kepala Sekolah untuk sekolah swasta berada di tangan Lembaga penyelenggara pendidikan tersebut. Secara yuridis Perpenas yang dipimpinnya hingga saat ini adalah lembaga penyelenggara pendidikan yang sah berdasarkan Surat Keputusan nomor  AHU-0000101.AH.01.08.TAHUN 2016 tentang persetujuan perubahan badan hukum Perpenas 17 Agustus 1945 Banyuwangi.  Surat itu dikeluarkan pada 28 Januari 2016 lalu.

Mengenai pemecatan Sunartono sebagai Guru tetap Perpenas menurut Sugihartoyo dilakukan karena yang bersangkutan melakukan perbuatan indisipliner. “Dia kita berhentikan dengan tidak hormat karena berbagai tindakan indisipliner yang dilakukannya,”ujarnya. (jai/bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Tak Gubris Putusan Perpenas, Drs H Sunartono Tetap Aktif Mengajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*