Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Souvenir ‘Serangga’ Dari Kalibaru

Souvenir ‘Serangga’ Dari Kalibaru

(440 Views) May 31, 2016 11:05 am | Published by | No comment

Souvenir serangga dari kalibaru

Kecamatan Kalibaru saat ini tidak hanya mengandalkan kerajinan peralatan dapur, pertanian maupun produk dari perkebunan saja. Kini, salah satu Kecamatan yang letaknya berada di dekat hutan Gumitir ini mulai merambah ke produk kerajinan daur ulang serangga yang diolah menjadi souvenir bernilai seni,  baru, unik, dan langka. Pengerjaanya pun terbilang rumit, lama dan penuh ketelitian.

Josh, pengrajin asal Desa Kalibaru Kulon, mengaku, produk tersebut memang baru pertama kali ini dipamerkan di Banyuwangi saat launching smart kampung. Meski tergolong baru, diharapkan produk tersebut dapat memperluas pasar serta dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Kalibaru.

Awalnya, kerajinan ini sudah mulai dilakukan sejak tahun 2000, kemudian baru-baru ini mulai dikenalkan kepada Camat Kalibaru, Edy Supriyono yang tertarik dan terjun langsung di kerajinan daur ulang dari serangga tersebut. “Serangga tersebut didapat dari berbagai pelosok di Indonesia, berbagai jenis dan ukuran seperti kumbang, kupu, kalajengking dan serangga lainnya berhasil didapatkan,” jelas Josh.

Setelah itu, serangga-serangga tersebut mulai diolah dan dikemas menjadi berbagai macam souvenir seperti gantungan kunci dari resin bening berisi serangga, serangga yang dikeringkan lalu diberi bingkai. Ada pula serangga yang dibiarkan hidup lalu diekspor ke berbagai negara seperti Jepang, Malaysia, Hongkong, Taiwan, Australia, dan negara lingkup Asean, terangnya.

“Pembuatan souvenir maupun serangga hidup dipasarkan berdasarkan permintaan, terkadang sekali kirim saya bisa meraup untung bersih sekitar 300 dolar atau sekitar Rp. 4 Juta, pungkas Josh.

Terpisah, Camat Kalibaru, Edy Supriyono mengatakan, kerajinan ini memang tergolong unik dan di Banyuwangi dirasa hanya terdapat di Kalibaru saja. Meski tergolong baru, diharapkan Bupati bisa melihat dan meninjau langsung ke tempat produksi agar nantinya kerajinan ini bisa berkembang dan memperluas pasar. (fat)

Categorised in: ,

No comment for Souvenir ‘Serangga’ Dari Kalibaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*