Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Soal IUP Aspamin Gagal Audensi Dengan Bupati Banyuwangi

Soal IUP Aspamin Gagal Audensi Dengan Bupati Banyuwangi

(207 Views) April 19, 2017 12:24 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Dampak penutupan beberapa tambang galian C oleh aparat Kepolisian, puluhan pengusaha galian C yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Mineral (Aspamin) mendatangi Kantor Bupati Banyuwangi, Senin (17/4).

Mereka berkeinginan untuk audensi dengan Bupati H.Abdullah Azwar Anas,maupun Kapolres Banyuwangi,perihal perijinan tambang galian C. Namun keinginan untuk audensi tersebut tidak dapat dilaksanakan, dengan alasan Bupati Banyuwangi ada kegiatan kerja di Kecamatan Singojuruh, dan pertemuan tersebut hanya diwakilkan kepada Plt Ka Satpol PP beserta petugas dari Dinas Lingkungan Hidup.

Ketua Aspamin Banyuwangi, Abdillah Rafsanjani mengatakan, dasar penutupan tambang galian C di Kabupaten Banyuwangi dinilai masih belum jelas. Berdasarkan konsultasi yang dilakukan pihaknya, ke Kejaksaan maupun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terbitnya Ijin Usaha Pertambangan (IUP) harus berdasarkan Peraturan Daerah. Padahal Propinsi Jawa Timur hingga kini belum memiliki Perda tentang galian C. “IUP itu tidak mungkin ada,karena di Banyuwangi maupun Propinsi Jawa Timur belum memiliki Perda terkait Tambang galian C,” jelas Abdillah Rafsanjani saat ditemui awak media.

Menurut Abdillah, Ijin Usaha Pertambangan yang telah diterbitkan sebelumnya, disinyalir bodong. Karena payung hukum yang dipergunakan untuk menerbitkan IUP, bukan Perda, tetapi hanya Peraturan Gubernur.

Abdillah menambahkan, keinginan Aspamin untuk audensi dengan Kepala Daerah maupun Kepolisian terkait perijinan tambang, hanya sebatas saling mengingatkan persoalan IUP tersebut,agar tidak berdampak hukum kepada semua pihak, baik pengusaha maupun aparat pemerintahan. (ydi/bud)

Sumber | Surat Kabar Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Soal IUP Aspamin Gagal Audensi Dengan Bupati Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*