Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Semua Perlu Tahu, Kawasan Industri Perkotaan Wongsorejo 2015 – 2035

Semua Perlu Tahu, Kawasan Industri Perkotaan Wongsorejo 2015 – 2035

(865 Views) March 21, 2016 1:19 pm | Published by | No comment

Oleh Hariyadi R Wartawan Memorandum

Hariyadi R Wartawan Memorandum

Hariyadi R Wartawan Memorandum

Membuka buku Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Bagian Wilayah Perkotaan Wongsorejo Tahun 2015-2035 yang tergeletak di salah satu ruang fraksi DPRD Kabupaten Banyuwangi. Mungkin buku copy,an Raperda tersebut usai dipelajari atau sekedar dibuka-buka oleh wakil Rakyat, sehingga ada sedikit keinginan pada diri saya untuk menulis bahasan tentang pentingnya RDTR itu.

Menurut saya agar semakin banyak masyarakat yang tahu, tentang pentingnya disusun sebuah rencana detail tata ruang kota, khususnya masyarakat yang bertempat tinggal di Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi. Apalagi dalam waktu yang tidak terlalu lama, Pemda Banyuwangi bersama DPRD akan segera membahas Raperda tentang RDTR Perkotaan Wongsorejo. Apa sih RDTR itu? dan untuk apa disusun RDTR ?

RDTR merupakan rencana secara terperinci tentang tata ruang wilayah kabupaten/kota yang dilengkapi dengan peraturan zonasi. Peraturan Zonasi adalah, ketentuan yang mengatur tentang persyaratan pemanfaatan ruang dan ketentuan pengendaliannya serta disusun setiap blok atau zona peruntukannya. Dalam bahasa yang mudah dipahami, nantinya dalam RDTR, akan diatur boleh tidaknya pengunaan lahan tertentu di suatu wilayah, layaknya membangun sebuah rumah, mana lahan untuk ruang tamu,kamar tidur, dapur dan kamar mandi. Begitupun juga dengan wilayah yang diatur dalam RDTR, mana yang digunakan untuk pemukiman, perkantoran, perdagangan, pertanian,perikanan,industry dan lain sebagainya. Adapun untuk pedoman penyusunan RDTR, telah diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum, Nomor 20 Tahun 2011.

Kabupaten Banyuwangi telah memiliki Peraturan Daerah No 8  Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Banyuwangi 2012-2032. Namun RTRW tersebut belum dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan pemanfaatan ruang dan pengendalian pemanfaatan ruang, karena tingkat ketelitian petanya belum mencapai 1 : 5000 seperti ketelitian peta RDTR.

Lantas apa tujuan dari penataan Ruang Bagian Wilayah Perkotaan (RBWP) Wongsorejo, tak lain adalah mewujudkan kawasan RBWP Wongsorejo sebagai kawasan industri yang berwawasan lingkungan dengan didukung oleh Pemerintahan, pelayanan umum, serta perdagangan jasa. Luas BWP Wongsorejo adalah 9805,607 Hektar.  Rencana pembagian Sub BWP Wongsorejo diantaranya : Sub. BWP 1 meliputi Desa SumberKencono, Desa Bimorejo, Desa Sidodadi, Desa Bajul Mati, Desa Sidowangi, dan Desa Watukebo, yang memilik fungsi utama untuk pengembangan pemukiman, perdagangan dan jasa,dan fungsi pendukungnya yaitu area kantor Pemerintahan. Sub BWP 2 meliputi Desa Sumberanyar, Desa Sumberkencono, Desa Alasrejo, Desa Wongsorejo memiliki fungsi utama sebagai pengembangan zona industri dan perumahan. Sub BWP 3 memiliki fungsi pengembangan zona industri dan sarana umum transportasi, meliputi Desa Alas rejo, Desa Bengkak, Desa Alasbuluh, Desa Wongsorejo, dan Desa Bangsring.

Selanjutnya dalan proses penataan ruang daerah, Pemerintah dan masyarakat wajib berlaku tertib sesuai dengan Peraturan yang berlaku. Dalam hal penyimpangan penyelenggaraan pemanfaatan ruang. Pihak yang melakukan penyimpangan dapat dikenai sanksi. Dan pengenaan sanksi tidak hanya diberikan kepada pemanfaat ruang yang tidak sesuai dengan ketentuan perijinan pemanfaatan ruang, tetapi dikenakan pula kepada pejabat pemerintah yang berwenang  menerbitkan ijin pemanfaatan ruang, yang tidak sesuai dengan rencana tata ruang. Pemanfaatan ruang yang tidak sesuai dengan rencana tata ruang, baik yang dilengkapi ijin maupun tidak memiliki ijin dapat dikenai sanksi. Maka dari itu, untuk melihat lebih jelas apa rencana Pemda Banyuwangi menyusun RDTR BWP Wongsorejo, yang bakal mulai dibahas dalam paripurna DPRD hingga nanti dibahas dan disepakati yang diperkirakan memakan waktu kurang lebih tiga bulan kedepan. (*)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in: , ,

No comment for Semua Perlu Tahu, Kawasan Industri Perkotaan Wongsorejo 2015 – 2035

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*