February 18, 2018

Ribuan ‘Ancak’ Diarak Keliling Kampung

bersih-desa

Banyuwangi, Memorandum – Warga Desa Tampo, Kecamatan Cluring, menggelar acara Bersih Desa, Rabu (26/10) malam kemarin. Acara bersih desa ditandai dengan mengarak ribuan ancak (baritan) dan tumpeng besar keliling kampung.

Sekdes Tampo, Imam Safi’I, menjelaskan, selain berharap agar Desanya terhindar dari malapeka, melalui riotual bersih desa itu warga berharap agar kerukunan warga terjaga. Prosesi Bersih Desa ini dilakukan cukup unik.  “Sebab, hanya menggelar ribuan ancak (baritan) sepanjang jalan Desa, warga mempercayai seluruh malapeka di Desa akan hilang,” ungkapnya.

Kepala Desa Tampo, Suparno, mengatakan, Ritual ini merupakan bentuk tradisi baru yang merupakan ide gagasan dari beberapa tokoh spiritual dan tokoh masyarakat Desa Tampo, serta mewujudkan Desa Tampo yang Mukti Wibowo, Nyokrowati, Bahu Bendho dan Hanjeyeng Bawono.

Menurut Kades Suparno, Ritual ini bertujuan melestarikan budaya dan seni tradisional serta memperrerat tali silahturahmi masyarakat Desa Tampo. “Bersih Desa ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan Desa Tampo, agar terciptanya kerukunan dan kebersamaan antar warga Desa setempat terjaga,” jelasnya. (swa/bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

banner 468x60