Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Raperda Penyaluran dan Pengawasan Pupuk Subsidi Akan Diusulkan DPRD

Raperda Penyaluran dan Pengawasan Pupuk Subsidi Akan Diusulkan DPRD

(234 Views) October 8, 2016 11:41 am | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPPD) DPRD Banyuwangi, akan kembali mengajukan Raperda inisiatif Dewan, tentang Penyaluran dan Pengawasan Pupuk Bersubsidi.

Ketua BPPD, DPRD Banyuwangi, H. Khusnan Abadi mengatakan kepada sejumlah media, Naskah Akademik (NA) dan draf Raperda telah selesai disusun. Anggota fraksi PKB, H.Susiyanto selaku pengusul telah selesai melakukan pemaparan dalam rapat internal BPPD beberapa hari lalu. Dan selanjutnya, dokumen Raperda di berikan kepada tujuh fraksi di DPRD Banyuwangi untuk dilakukan kajian.

“ NA Raperda Penyaluran dan Pengawasan Pupuk Bersubsidi, sesuai mekanisme diberikan kepada masing-masing fraksi untuk dikaji. Saran, Masukan dan Pendapat disampaikan ketika rapat paripurna internal “ ucap H. Khusnan Abadi melalui sambungan telepon selulernya, Jum’at (7/10/2016).

Sementara, pengusul Raperda Penyaluran Pupuk Bersubsidi, H. Susiyanto saat dihubungi Memorandum menjelaskan, Pupuk Bersubsidi adalah barang dalam pengawasan, yang pengadaan dan penyalurannya mendapat subsidi dari Pemerintah. Sebagai implementasi kebijakan tersebut, Pemerintah mengeluarkan ketentuan mengenai tata cara penyediaan anggaran,perhitungan,pembayaran, penyaluran dan pertanggungjawaban subsidi pupuk.

Sehingga Pemerintah menetapkan Pupuk Bersubsidi sebagai barang dalam pengawasan. Dan pengawasan dimaksud, mencakup pengadaan dan penyaluran,jenis,mutu, wilayah pemasaran dan Harga eceran tertinggi pupuk bersubsidi serta waktu pengadaan dan penyaluran.

“Sebagai tindaklanjut pengadaan dan penyaluran oleh Pemerintah. Maka Pemerintah Kabupaten mengatur tata laksana melalui penetapan regulasi di wilayah masing-masing” jelasnya.

Muatan materi dalam Raperda Penyaluran Pupuk Bersubsidi, antara lain, peruntukan dan kebutuhan Pupuk Bersubsidi, kewajiban produsen,distributor dan pengecer resmi, wilayah tanggungjawab pengadaan dan penyaluran,tanggungjawab pengawasan, pengadaan dan penyaluran, serta kriteria, tolak ukur dan pengolongan.

Sedangkan sasaran yang diwujudkan, memberikan payung hukum bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam penyelenggaraan pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi. Kemudian terjaminnya ketersediaan stock pupuk bersubsidi, tersusunnya rencana kebutuhan pupuk bersubsidi, terjaminnya kelancaran penyaluran, melalui penyederhanaan prosedur dan lain-lain. (ydi)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Raperda Penyaluran dan Pengawasan Pupuk Subsidi Akan Diusulkan DPRD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*