Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » EVENT » PWI Jatim Gelar UKW Angkatan 19 pada 17-18 Juli 2017

PWI Jatim Gelar UKW Angkatan 19 pada 17-18 Juli 2017

(159 Views) July 6, 2017 9:58 pm | Published by | No comment

Ketua PWI Jatim, Akhmad Munir

Tingkatkan Profesionalisme, PETISI Daftarkan 3 Wartawan

SURABAYA, PETISI.CO – Program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) akan digelar kembali pengurus PWI Provinsi Jatim.

Rencananya, pada 17 dan 18 Juli 2017 mendatang, UKW angkatan ke-19 dihelat di kantor PWI Jatim, di Jalan Taman Apsari Surabaya.

Ketua PWI Jatim, Akhmad Munir, mengatakan, selama 2 hari selain digelar UKW, dilaksanakan pula kegiatan Safari Jurnalistik.

“UKW didahului dengan Safari Jurnalistik oleh PWI Pusat,” kata Munir di Surabaya, Kamis (6/7/2017).

Dia mengatakan, rencananya Safari Jurnalistik digelar selama setengah hari pada 17 Juli 2017. Selanjutnya setelah salat Dhuhur  digelar UKW sampai tanggal 18 Juli 2018. “Lokasinya di kantor PWI Jatim di Jalan Taman Apsari Surabaya,” tambahnya.

UKW ke-19 ini, menurut Munir, tergelar berkat kerja sama PWI Jatim dengan manajemen Bank Mayapada. Di mana korporasi bank nasional ini berkomitmen mendukung kegiatan PWI Jatim, berupa beasiswa bagi wartawan anggota PWI mengikuti pendidikan program magister (S-2) di Universitas Airlangga, beberapa kali UKW, dan media gathering tentang perbankan.

“Insya Allah, dari kerja sama dengan Bank Mayapada ini akan digelar 2 kali UKW pada 2017,” jelas Munir.

Sebelumnya, pada pertengahan Juli 2017, PWI Kabupaten Tuban bekerja sama dengan PT Semen Gresik (Persero) dan PWI Jatim, menggelar UKW angkatan ke-18 di kantor Semen Gresik di Kecamatan Kerek, Tuban.

UKW di Tuban digelar selama 2 hari pada 14 dan 15 Juni 2017. UKW ini dilaksanakan di tengah bulan Ramadan.

Rencananya, UKW angkatan ke-19 ini akan diikuti maksimal 50 peserta. Para peserta dikelompokkan dalam kelas muda, madya, dan utama. Bagi calon peserta yang berminat mengikuti UKW bisa menghubungi sekretariat PWI Jatim, dengan batas akhir pendaftaran dan kelengkapan persyaratan pada 10 Juli 2017.

“Calon peserta wajib memenuhi semua syarat yang telah digariskan Dewan Pers dan PWI Pusat. Misalnya, media massanya berbadan hukum, aktif di dunia wartawan, ada surat pengantar dari pimpinan dan atau penanggung jawab redaksinya, dan lainnya,” katanya.

Karena PWI Jatim telah memiliki jaringan PWI di sebagian besar kabupaten/kota di Jatim, calon peserta UKW dari kabupaten/kota saat mendaftar harus melalui PWI kabupaten/kota asal.

“Nanti pengurus PWI Kabupaten/Kota yang meneruskan berkas pendaftaran ke PWI Jatim,” tandas Munir.

Kegiatan UKW angkatan ke-19 ini merupakan wujud komitmen PWI Jatim meningkatkan kapasitas dan kompetensi wartawan di provinsi ini menghadapi tantangan yang makin berat.

Wartawan juga dituntut terus meningkatkan kemampuan skill, wawasan, pengetahuan, dan moralitasnya di era keterbukaan seperti sekarang.

“Tanpa kompetensi yang jempolan dan moralitas tangguh, tak mungkin kita mampu menjaga marwah dan khittah profesi wartawan dengan baik. Ini tanggung jawab profesi yang mesti kita pikul bersama,” ingat Akhmad Munir.

Sementara, media PETISI yang berkantor di lingkungan PWI Jatim juga ikut mengirimkan wartawannya untuk ikut UKW ke 19 ini. Walau di jajaran pimpinan di media PETISI sudah banyak yang  mengantongi sertifikat UKW dengan status Utama, rupanya manajemen PETISI terus memaksimalkan SDM (Sumber Daya Manusia) di redaksi.

“Kami ingin terus meningkatkan profesionalisme wartawan di  redaksi PETISI, untuk itulah selain mengasah ketrampilan di lapangan bagi para wartawan, kami juga  mengikutkan 3 wartawan untuk UKW yang diselenggarakan PWI Jatim,” ujar Sokip, SH, Direktur Surat Kabar Umum (SKUPETISI.(bon)

Sumber : http://petisi.co/pwi-jatim-gelar-ukw-angkatan-19-pada-17-18-juli-2017/

Categorised in: ,

No comment for PWI Jatim Gelar UKW Angkatan 19 pada 17-18 Juli 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*