February 19, 2018

Polres Banyuwangi Jamin Tidak Ada Kemacetan Panjang

Libur Panjang

Kabag Ops, Kompol Sudjarwo

Banyuwangi, Memorandum – Libur panjang 5 – 8 Mei 2016, Pelabuhan ASDP Ketapang menyiapkan 52 kapal untuk melayani  penyebrangan ke Selat Bali. Kantong-kantong parkir juga telah disediakan untuk menampung banyaknya kendaraan yang hendak menuju Pulau Dewata saat libur panjang tiba.

Rapat koordinasi untuk menghadapi long weekend dilakukan Selasa (3/5). Seluruh stake holder pelabuhan, TNI/Polri, serta sektor pemerintah juga ikut dalam rapat koordinasi. Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Banyuwangi, Kompol Sujarwo mengatakan, rapat koordinasi tersebut dilakukan agar kemacetan di pelabuhan yang biasa terjadi saat libur panjang tidak terulang.

Kemacetan panjang di pelabuhan disebabkan aturan pencatatan data manifes penumpang sebelum masuk ke dalam kapal. Rakor menyepakati pencatatan manifes penumpang ditempatkan di luar pelabuhan, yakni di Terminal Sritanjung dan Jembatan Timbang Ketapang.“Penumpang yang mengendarai mobil pribadi dan bus dilakukan di Terminal Sritanjung. Sementara untuk pencatatan manifes kendaraan berat seperti truk besar bisa dilakukan di Jembatan Timbang. Hal ini dilakukan agar kemacetan di sekitar pelabuhan tidak terjadi lagi.

Ditambahkan Kompol Sujarwo, sejumlah lokasi juga direkomendasi sebagai kantong parkir sementara. Area kantong parkir itu lokasinya tak jauh dari pelabuhan. Diantaranya, di Terminal Sritanjung, Pelabuhan Tanjung Wangi, lapangan Stasiun KA Banyuwangi Baru, lapangan Bulusan dan halaman parkir pelabuhan sendiri.

Untuk mengantisipasi aksi kriminalitas, pihak Polres Banyuwangi selama libur panjang berlangsung menyiagakan sedikitnya 325 personil Kepolisian, TNI, Satpol PP dan personel dari pelabuhan. “Total ada 651 personel. Personel kami siagakan 4 sampai 8 Mei,” tambahnya. (mam)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

banner 468x60