Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PENDIDIKAN » Polemik Perpenas Ganggu Legalitas Ijazah SMA 17

Polemik Perpenas Ganggu Legalitas Ijazah SMA 17

(303 Views) March 10, 2017 7:48 pm | Published by | No comment

Komplek pendidikan SMA 17 Agustus 1945 Banyuwangi bersama Untag Banyuwangi. (ist)

Banyuwangi, Memorandum – Polemik pencopotan Drs H Sunartono sebagai Kepala Sekolah SMA 17 Agustus 1945 Banyuwangi dan Guru Tetap Perpenas, dengan keputusan baru pengangkatan dan penetapan penggantinya sebagai Kepala SMA 17 Agustus 1945 Banyuwangi kepada, Drs. Sugeng Hariyadi dengan dasar yang jelas, yakni UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Perpenas ber-SK, Kementrian Hukum dan HAM No. AHU-0000101.AHU.01.08.tahun 2016, dan AD/ART Perpenas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, berdampak luar biasa.

Dampanya terjadi keresahan pada wali murid dan murid di SMA 17 Agustus 1945. Salah satu wali murid, Anisa (42), kepada Memorandum mengungkapkan, sebagai wali murid dia tidak ingin turut campur dengan permasalahan Perpenas. Namun, kata Anisa, dia tidak ingin legalitas pendidikan formal anaknya terganggu dan terancam. Apalagi murid kelas IX, khawatir legalitas ijazah waktu kelulusan nanti tidak mendapat keabsahan, jika polemik berkepanjangan.

“Kita tidak mau tahu siapa kepala sekolahnya. Tetapi bila nanti Ijazah anak saya bermasalah, ya pasti akan kita tuntut rame-rame,” ujar Anisa yang enggan identitasnya di fulgarkan di media, saat ditemui Memorandum, (8/3) kemarin.

Terkait masalahan pemberhentian Drs H Sunartono, Ketua 3 Bidang SDM Perpenas, Nurul Islam, menyatakan, sebagai lembaga yang mengantongi legalitas hukum dari Kemenkumham, Perpenas dibawah kepemimpinan Sugihartoyo, SH, MH., memiliki hak dan kewenangan untuk mengangkat dan memberhentikan personel pengelola pendidikan yang ada dibawah Perpenas.

“Terkait masalah SMA 17 Agustus, bersama Kepala Sekolah yang telah kita angkat resmi yakni; Sugeng Hariyadi, kita akan memberi penjelasan kepada seluruh wali murid dengan menggandeng pihak Komite Sekolah. Sebagai alternatif terakhir, apabila pihak Komite Sekolah ternyata juga bersikap sama dengan Sunartono, Perpenas akan mengambil tindakan tegas untuk mengeluarkan SMA 17 Agustus dibawah Sunartono, dari areal kampus milik Perpenas,” jelasnya kepada Memorandum, Rabu (8/3) kemarin.

Sebagaimana diketahui, melalui surat keputusan nomor : 332/Son-3/PK/XI/2016  tertanggal 1 november 2016, Drs H Sunartono telah diberhentikan sebagai Guru tetap dan Kepala SMA 17 Agustus 1945. Sebagai penggantinya, Perpenas mengangkat Sugeng Hariyadi.

Seperti diberitakan, Ketua Perpenas, Sugihartoyo, menyatakan bahwa penggantian Kepala Sekolah itu langsung dilaporkan ke Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Banyuwangi dan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi. “Pasca pendidikan SMA ditarik ke Provinsi Jawa Timur, semuanya sudah kita laporkan ke cabang dinas di Banyuwangi (bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Polemik Perpenas Ganggu Legalitas Ijazah SMA 17

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*