Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PERISTIWA » PN Banyuwangi Eksekusi Mall Of Sritanjung

PN Banyuwangi Eksekusi Mall Of Sritanjung

(218 Views) July 11, 2017 10:18 am | Published by | No comment

Direktur PT. DGU, Agus Darminto memprotes pelaksanaan eksekusi

Banyuwangi, Memorandum – Sesuai rencana, Mall of Sritanjung (MOST) akhirnya dieksekusi pagi kemarin (10/7). Sempat terjadi protes dari pihak PT. Dian Graha Utama (DGU) selaku termohon eksekusi.  Dia menganggap eksekusi tersebut dipaksakan. Meski demikian, secara umum eksekusi berjalan dengan lancar dengan kawalan aparat keamanan.

Eksekusi dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Sebelumnya, tim dari Pengadilan Negeri lebih dahulu berkumpul di Balai Kelurahan Temenggungan, Banyuwangi. Selanjutnya, bersama para pihak, mereka menuju ke lokasi MOST yang akan dieksekusi. Selanjutnya, eksekusi dimulai dengan membacakan putusan Mahkamah Agung (MA).

Setelah pembacaan amar putusan, proses eksekusi dilanjutkan dengan mengeluarkan barang milik PT. DGU. Namun tiba-tiba Direktur PT. DGU, Agus Darminto, datang dan mempertanyakan eksekusi tersebut. Sempat terjadi adu argumen antara petugas Kepolisian, petugas dari Pengadilan dan Agus Darminto. “Saya ingin tahu kesalahan saya apa, ini bukan eksekusi, ini perampasan,” ujar Agus Darminto.

Agus Darminto menyatakan, ada barang yang mungkin dieksekusi dengan dikeluarkan. Namun beberapa barang menurutnya tidak mungkin dieksekusi karena menjadi satu dengan gedung tersebut. “Saya ini sudah membangun gedung ini, masak granit, kaca, cat mau dieksekusi, bagaimana caranya?,” teriaknya.

Panitera Pengadilan Negeri Banyuwangi, H.R. Joko Purnomo kemudian menjelaskan kepada Agus Darminta bahwa dirinya hanya menjalankan putusan Kasasi yang sudah dikeluarkan MA. Diapun meminta Agus Darminto untuk membuka pintu gedung tersebut untuk menunjukkan barang-barang yang diklaim sebagai milik Agus Darminto. “Mari silakan buka kuncinya dulu kita lihat barang-barangnya dulu,” ujar H.R. Joko Purnomo.

Ditemui disela-sela eksekusi, kuasa hukum PT. DGU menyatakan, Haryanto, pihaknya pada dasarnya menghormati putusan MA. Hanya saja, pihaknya selaku kuasa termohon sudah mengajukan permohonan perlawanan ke Pengadilan Negeri Banyuwangi. Permohonan perlawanan eksekusi juga diajukan pihak ketiga yakni pihak yang menyewa.

Dia menegaskan, permohonan perlawanan itu sudah didaftarkan ke Pengadilan Negeri Banyuwangi. Dia mengklaim sudah mendapatkan nomor register namun belum mendapatkan penetapan sidang. “Kami berharap sementara eksekusi ditangguhkan. Kami bukan menolak, hanya minta ditangguhkan,” ungkapnya.

Dengan pengawalan ketat dari aparat Kepolisian, TNI dan Satpol PP akhirnya proses ekseskusi berjalan dengan lancar. Untuk menghindari  hal-hal yang tidak diinginkan, aparat keamanan hanya mengijinkan petugas Pengadilan Negeri Banyuwangi dan para pihak yang masuk ke dalam gedung. Secara bertahap, barang-barang yang ada di dalam gedung dikeluarkan.(jai)

Sumber | Surat Kabar Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for PN Banyuwangi Eksekusi Mall Of Sritanjung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*