Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » PKK Desa Balak Gelar Pelatihan Batik

PKK Desa Balak Gelar Pelatihan Batik

(643 Views) March 29, 2016 10:13 am | Published by | No comment
PKK Desa Balak

Kegiatan Pelatihan Batik oleh Ibu-ibu PKK Desa Balak

Banyuwangi, Memorandum – Menggambar sketsa, mencanting hingga menjadikan sebuah kain batik yang layak dan siap jual, ritun dilakukan oleh ibu-ibu di Desa Balak, Kecamatan Songgon, setiap satu minggu sekali. Hal tersebut sengaja dilakukan untuk mencari bibit pembatik yang terampil sekaligus mengajarkan ketrambilan membatik yang baik dan benar. Mengingat, nilai jual batik sekarang ini bisa mencapai ratusan hingga jutan rupiah.

Sebanyak 46 ibu-ibu anggota PKK Desa Balak yang sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Dengan semangat tinggi, mereka berkumpul setiap hari minggu mulai pukul 08.00 – 13.00 wib untuk mengikuti pelatihan tersebut. Ketua PKK Desa Balak, Fitria, menjelaskan, pelatihan batik ini sengaja dilakukan dengan tujuan dapat meningkatkan nilai kreativitas dan ekonomi masyarakat itu sendiri. Dan kegiatan inipun dilakukan atas usulan para warga.

Dulunya, kata Fitria, memang sering ada pelatihan membatik. Tetapi akhirnya warga sendiri yang sudah mulai terbiasa membatik. Menurutnya, hal positif ini juga menuai dukungan dari pemerintah Desa Balak. Terbukti, sampai saat ini perlahan batik-batik tersebut sudah mulai terjual di pasaran maupun dari warga Desa lain yang sengaja ingin memesan. “Kamipun terbuka bagi siapa saja yang ingin ikut serta membatik,” kata Fitria.

Dijelaskan, bagi mereka yang pemula, mereka akan dilatih dasar-dasar membatik dengan motif batik tulis Gajah Oling dan berbagai motif lainnnya dengan pewarnaan colet yang sudah diajarkan dari salah satu tutor Butique Srikandi. Menurut Fitria, banyak tahapan yang harus dilakukan dalam membatik, mulai dari nol sampai finishing, dari mulai penggambaran motif, pemberian malam, pemberian warna, penjemuran hingga menjadi sebuah produk kain batik dengan nilai jual yang tinggi.

Salahh satu peserta, Khusnul Hotimah, mengungkapkan, dirinya sangat senang dan antusias mengikuti pelatihan seperti ini. Karena dengan adanya pelatihan ini dirinya bisa menambah ilmu membatik serta dapat dijadikan salah satu lahan bisnis yang menjanjikan nantinya.

Khusnul berharap, pelatihan seperti ini bisa berjalan bertahap serta berkelanjutan hingga benar-benar menjadikan pembatik yang memiliki kain batik dengan nilai  jual yang tinggi. (fat)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for PKK Desa Balak Gelar Pelatihan Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*