Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Peras Polwan, 2 Wartawan Gadungan Masuk Tahanan

Peras Polwan, 2 Wartawan Gadungan Masuk Tahanan

(894 Views) January 8, 2016 3:48 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Mengaku sebagai wartawan dari sebuah Tabloid, Yosenda (18) yang tinggal di Lingkungan Sasakperot, Kelurahan Banjarsari, dan Budi (17) warga Kelurahan Penganjuran, langsung diciduk Polisi setelah nekad berusaha memeras seorang Polwan anggota Polsek Kota Banyuwangi.

Wartawan Gadungan Banyuwangi

Dua Wartawan Gadungan, dengan bukti Tabloid Deteksi saat diciduk Petugas

Keduanya langsung dikeler ke Mapolsekta setelah dijemput petugas saat berada di Taman Sritanjung, Rabu (6/1) malam sekitar pukul 21.00 wib. Selain Tabloid, petugas juga mengamankan barang bukti berupa satu unit Sepeda Motor ber-plat nomor palsu yang digunakan oleh wartawan gadungan itu untuk beraksi.

Menurut pengakuan Polwan Bripda WI, dua ABG yang nekad menjadi wartawan gadungan itu sebelumnya telah menghubungi dirinya melalui handphone. Sang wartawan langsung meminta uang ‘damai’ sebesar Rp 1,5 juta kepada si Polwan apabila kasusnya tidak ingin dibeber di Tabloidnya. Merasa diintimidasi dan diancam, si Polwan langsung menghubungi beberapa temannya yang tengah bertugas di lapangan.

Dikonfirmasi masalah tersebut, Kepala Polsekta Banyuwangi, AKP I Ketut Redana, SH., membenarkan bahwa ada penangkapan dua orang yang mengaku sebagai wartawan.

Diceritakan, AKP Redana, “Seniorku akan bikin berita tentang kamu,” papar Kapolsek Kota Banyuwangi AKP I Ketut Redana.

Akhirnya korban berusaha menanyakan identitas wartawan itu. Tapi yang bersangkutan menolak memberikan identitasnya. Dia hanya memberikan nomor ponselnya saja.

“Dia bilang agar ditutup saja karena menyangkut nama baik polwan,”  papar Redana lagi.

Selanjutnya, Bripda WI mengajak YE ketemuan di RTH Sritanjung dan memberikan uang Rp 500 ribu. Namun YE yang malam itu bersama BS, warga Jalan dr. Sutomo Kelurahan Penganjuran, Kecamatan Banyuwangi, menolak dan meminta tambahan uang. Alasannya uang setengah juta itu tidak sebanding dengan posisi Bripda WI di Polsek Banyuwangi.

“Lantaran memeras pelaku akhirnya diamankan anggota Resmob yang kebetulan berada di RTH Sritanjung. Rupanya dua pelaku berani berbuat aksi karena disuruh seseorang berinisial WA, warga Dadapan, Kecamatan Kabat,” sambung mantan Kapolsek Muncar itu.

Atas perbuatannya Yosenda dan Budi ditetapkan sebagai tersangka karena melanggar pasal 369 KUHP. Menurut AKP Redana, keduanya terindikasi kuat mengancam akan mencemarkan nama baik korban dengan lisan ataupun tulisan.

“Ancaman hukumannya kurang dari lima tahun, makanya pelaku tidak kita tahan. Dua pelaku kita kenakan wajib lapor tapi kasus pidananya tetap berjalan. Untuk WA masih kita buru,” terangnya. (bud/mam)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Peras Polwan, 2 Wartawan Gadungan Masuk Tahanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*