Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Penanganan Musibah Kecelakaan Laut

Penanganan Musibah Kecelakaan Laut

(7318 Views) March 12, 2015 8:11 am | Published by | No comment

Simulasi Evakuasi

“Hujan lebat dan angin kencang di wilayah Jawa Timur termasuk diantaranya perairan wilayah Banyuwangi pada bulan Maret 2015. Informasi ini ditindak lanjuti oleh Pusdalon dengan menyediakan posko bencana banjir dan angin kencang. Sementara itu jauh di pantai Trianggulasi daerah Taman Nasional Alas Purwo sebuah kapal slerek dengan 10 orang Abk terkena hantaman angin kencang yang mengakibatkan kapal terombang ambing dan hamper tenggelam. Akibatnya kapal terbalik dan tenggelam, masing-masing abk mencoba menyelamatkan diri dengan cara berenang dan berpegangan perahu. Memanfaatkan jerigen dan kayu hingga akhirnya terbawa ombak dan terdampar di pantai.

Petugas Taman Nasional Alas Purwo yang melihat beberapa korban di pantai Trianggulasi. Segera menghubungi Pusdalom BPBD Banyuwangi untuk menindak lanjuti dan evaluasi terhadap bencana pelayaran. Setelah diteruskan kepada bupati Banyuwangi. Menerima laporan tersebut Bupati Banyuwangi segera memerintahkan BPBD Banyuwangi untuk melakukan pertolongan terhadap korban dengan berkoordinasi dengan instansi terkait diantaranya Badan SAR Nasional, Satpol PP, Lanal Banyuwangi, Babin Banyuwangi, Polres Banyuwangi, Tagana Banyuwangi, PMI Banyuwangi, Dinas Kesehatan Banyuwangi dan Forpimda Setempat.

Berbekal koordinasi antar instansi yang terjalin dengan baik, informasi dari Pusdalom Banyuwangi diteruskan ke Basarnas Kosar Jember. Sembari bergerak, koordinasi tersebut ditindak lanjuti dengan pembentukan posko operasi SAR gabungan dan struktur operasi SAR sebagai komando pelaksanaan operasi SAR.”

Itulah rangkaian simulasi evakuasi penanganan musibah kecelakaan laut. Simulasi ini hasil kerja sama Satpol PP Provinsi Jawa Timur, Badan SAR Nasional kantor SAR Surabaya, Pemerintah Banyuwangi, BNPB Banyuwangi, Tagana (taruna siaga bencana), Satuan Pol PP Banyuwangi, PMI Banyuwangi, Dinas Kesehatan Banyuwangi.

Simulasi evakuasi 2

Simulasi ini termasuk dalam rangkaian acara peringatan hari ulang tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur ke 65 yang dipusatkan di Taman Blambangan, Banyuwangi setelah pelaksanaan upacara resmi, “Basarnas dan seluruh tim akan mempraktekkan simulasi penanggulangan bencana seperti cara mengevakuasi korban dan cara pertolongan pertama terhadap korban bencana,” urai Plt Kepala Satpol PP Nuril Falah ketika pembukaan acara HUT Satuan Polisi Pamong Praja.

Nuril menambahkan adanya simulasi penanggulangan bencana tersebut sebagai latihan untuk mengantisipasi terjadinya bencana di Banyuwangi. Khususnya bagi segenap tim penanggulangan bencana daerah yang menjadi garda terdepan penanganan bencana. “Simulasi ini juga sebagai tanda kesiapsiagaan anggota Satpol PP untuk terlibat dalam satgas bencana alam kapanpun dibutuhkan,” imbuh Nuril.  (setiaOne)

Categorised in: ,

No comment for Penanganan Musibah Kecelakaan Laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*