Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Pemkab Gelar Upacara Peringatan Harjaba ke 243

Pemkab Gelar Upacara Peringatan Harjaba ke 243

(891 Views) December 18, 2014 3:31 pm | Published by | No comment

BANYUWANGI –   Hari ini, 18 Desember 2014 Kabupaten Banyuwangi genap berusia 243 tahun. Pemkab Banyuwangi pun menggelar upacara peringatan Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba ) di halaman kantor Pemkab. Segenap Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), pimpinan intansi vertikal dan jajaran pemerintah kabupaten turut mengikuti upacara tersebut.

Dalam amanatnya Bupati Abdullah Azwar Anas merefleksikan kembali semua capaian yang telah diraih oleh Banyuwangi sekaligus rencana kerja selanjutnya dalam membangun Bumi Blambangan. Bupati mengatakan, di usia yang saat ini menginjak 243 tahun, Banyuwangi menghadapi tantangan yang semakin berat. Kondisi perekonomian nasional yang fluktuatif dan persaingan ekonomi yang semakin ketat menjadi beberapa tantangan yang tidak bisa dihindari.

“Untuk menghadapinya maka tidak ada pilihan lain, kecuali terus bekerja keras dan berpikir cerdas agar  mampu bersaing didunia yang makin kompetitif,” kata Bupati Anas.

Untuk  menumbuhkan semangat bekerja keras, lanjut Bupati maka rakyat Banyuwangi harus menjaga motivasi dan optimistis dalam menjalani kehidupan. Selain itu semangat gotong royong juga harus ditumbuhkan untuk mencapai semua tujuan. Baik gotong royong diantara masyarakat, pemerintah dengan masyarakat maupun pemerintah dengan pihak swasta.

“ Dengan gotong royong akan membawa kebersamaan yang pada akhirnya membuat beban pekerjaan menjadi lebih ringan dan kesejahteraan lebih mudah untuk digapai,” ujar Bupati.

Saat ini, berkat kerja keras seluruh rakyat dan semua stake holder yang terlibat dalam pembangunan daerah, Kabupaten Banyuwangi telah meraih berbagai capaian positif. Seperti tren pertumbuhan ekonomi  beberapa tahun terakhir yang di atas rata-rata propinsi dan nasional. Inflasi Banyuwangi juga terkendali bahkan menjadi yang  terendah di Pulau Jawa. Berbagai piala dan penghargaan juga berhasil diraih. Apresiasi juga datang dengan banyaknya kunjungan berbagai pemerintahan daerah  untuk menimba ilmu di Banyuwangi, menunjukkan kalau daerah di ujung timur Pulau Jawa ini terus bertransformasi menjadi lebih baik

“Terima kasih kepada seluruh rakyat , instansi pemerintah dan swasta, TNI, POLRI, Jaksa, perbankkan dan segenap pihak yang terlibat dalam pembangunan daerah. Tidak lupa kepada para istri dan para ibu yang  telah membawa semangat dan motivasi bagi kemajuan Banyuwangi. Semua hal baik yang telah kita capai dapat kita pertahankan bahkan ditingkatkan dengan menjaga kondusifitas daerah bersama-sama,” tutur Bupati.

Pada kesempatan upacara peringatan Harjaba ke 243 tersebut Bupati juga menyampaikan beberapa rencana kerja di tahun 2015. Diantaranya  mengurangi kesenjangan ekonomi dan wilayah dengan lebih merata.  Salah satunya dengan menciptakan pertumbuhan ekonomi berbasis desa dengan memperbesar dana transfer ke desa dari Rp.200 juta menjadi Rp. 500 juta. Juga pemberdayaan pemuda dengan program-program yang terintegrasi dan tepat sasaran.

“Tahun depan kita juga akan memulai pengembangan broadband untuk mengurangi disparitas parsial dan menumbuhkan ekonomi kreatif,” cetus Bupati.

Menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean 2105 (MEA) Pemkab juga akan memulai  pelatihan bahasa asing di tingkat desa bagi pemuda dan wanita. Yakni Bahasa Inggris, Arab dan mandarin. Pelatihan akan dilakukan di kantor-kantor desa dengan instruktur pengajar dari guru privat maupun guru honorer  yang akan mendapatkan  insentif tertentu.

Jajaran birokrasi juga tak luput dari perhatian Bupati. Bupati meminta agar tahun 2015 mendatang semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) tidak boleh lagi bekerja secara sektoral  terutama untuk program-program kesejahteraan rakyat. Harus terjadi sinergi  lintas SKPD  untuk meningkatkan capaian kualitas program.

 Pengembangan pariwisata juga akan terus dilakukan. Selain mempromosikan wisata yang sudah ada, Pemkab juga akan melaunching beberapa destinasi wisata baru. Salah satunya air terjun Kampung Anyar di Kecamatan Licin. Pemkab juga akan melaunching gerakan “jedhing resik” sebagai gerakan toilet bersih tingkat kabupate yang menjadi kelanjutan program green and clean yang telah sukses sebelumnya.

“Mari bersama-sama kita menumbuhkan semangat dan optimisme agar adrenalin rakyat terus bergerak untuk melanjutkan pembangunan  demi kemajuan Banyuwangi tercinta,” pungkas Bupati Anas. (Humas Protokol)

Categorised in:

No comment for Pemkab Gelar Upacara Peringatan Harjaba ke 243

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*