Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Pemkab Banyuwangi Upgrade Kemampuan Berbahasa Inggris Para Stafnya

Pemkab Banyuwangi Upgrade Kemampuan Berbahasa Inggris Para Stafnya

(790 Views) January 14, 2015 5:05 pm | Published by | No comment

BANYUWANGI – Untuk meningkatkan kualitas SDM, Pemkab Banyuwangi berupaya meng-upgrade kemampuan berbahasa Inggris para stafnya. Kursus bahasa Inggris sengaja diadakan di Kantor Pemkab Banyuwangi setiap hari Jumat. Kursus tersebut dimulai terhitung sejak 5 Januari lalu.

Menurut Asisten Pemerintahan Pemkab Banyuwangi, Choiril Ustadi Yudawanto, pentingnya berkomunikasi dengan bahasa Inggris mulai dirasakan oleh para staf pemkab. Tak hanya semata-mata karena menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang kompetitif di tahun 2015 ini, melainkan juga untuk mempersiapkan para PNS agar mampu mensukseskan program-program pemkab yang banyak berhubungan dengan orang asing.

Tahun 2014 lalu, bahkan sejak sebelumnya, Banyuwangi  banyak menerima tamu-tamu asing. Selain investor dari luar, ada juga Kedutaan Besar Amerika di Indonesia yang sengaja datang untuk merayakan thanksgiving di Banyuwangi. Beberapa jurnalis asing juga datang karena tertarik dengan progress Banyuwangi saat ini. Termasuk juga gelaran surfing competition dan International Tour de Banyuwangi Ijen dalam event Banyuwangi Festival yang banyak melibatkan peserta dari berbagai belahan dunia.

“Terus terang kami kekurangan tenaga atau staf yang bisa berbahasa asing, sehingga cukup mengalami kesulitan ketika harus melayani para tamu tersebut. Saya pikir kalau tidak sekarang, kapan lagi. Inilah saatnya kami memulai,”terang Ustadi.

Ustadi berharap, staf yang lancar berbahasa Inggris bisa menularkan ilmunya kepada staf yang lain. “Jadi kami tak perlu bersusah payah mencari penerjemah lagi jika di Banyuwangi kedatangan  tamu asing,”tukas Ustadi.

Untuk memuluskan cita-cita tersebut, akhirnya dibentuklah kursus bahasa Inggris yang anggotanya staf Pemkab Banyuwangi. “Kami mempersilahkan staf kami yang tertarik dengan bahasa Inggris untuk belajar  bersama setiap Jumat di ruang rapat Minak Jinggo yang berada di kompleks Kantor Pemkab Banyuwangi. Mereka belajar bersama selama 1,5 jam, yakni dari pukul 13.30 – 15.00 WIB dengan bimbingan tutor yang telah ditunjuk. “Di situ mereka berkesempatan meng-explore kemampuan bahasa Inggrisnya,”tandas Ustadi.

Hal itu direspon positif oleh beberapa staf. Beberapa orang terlihat bersemangat untuk mengikuti kursus yang lebih banyak mengedepankan  conversation itu. Tak berhenti disitu. Salah satu bagian yang ada di dalam Kantor Setda Kabupaten Banyuwangi, yakni Bagian Humas & Protokol bahkan menindaklanjuti dengan menyelenggarakan english day setiap harinya selama 2 jam pertemuan.

“Ini semangat yang bagus. Semakin banyak staf kami yang tergerak untuk belajar bahasa Inggris, ke depan tak hanya mereka yang memetik manfaatnya. Tetapi juga kerja-kerja pemkab yang berkaitan langsung dengan orang asing juga akan menjadi lebih ringan,”kata Ustadi. (Humas & Protokol)

Categorised in: ,

No comment for Pemkab Banyuwangi Upgrade Kemampuan Berbahasa Inggris Para Stafnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*