Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Peminat Pemutihan Denda Pajak Kendaraan Masih Rendah

Peminat Pemutihan Denda Pajak Kendaraan Masih Rendah

(90 Views) November 8, 2017 7:34 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Pelaksanaan pemutihan denda keterlambatan pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama ternyata masih belum terlalu menarik perhatian masyarakat. Terbukti, pada 15 hari pertama pelaksanaan program ini jumlah wajib pajak kendaraan yang datang masing relatif rendah.

Kasat Lantas Polres Banyuwangi AKP Ris Andrian Yudho Nugroho melalui Kanit Registrasi dan Identifikasi Iptu Yudhi Anugrah Putra menyatakan, dibanding dengan hari biasa memang sudah ada peningkatan pembayaran pajak kendaraan semenjak program ini telah digulirkan. Namun peningkatan yang terjadi belum signifikan. “Peningkatannya hanya sekitar 20% saja,” ujarnya.

Namun, menurutnya, kondisi ini sudah biasa. Pada awal pelaksanaan program pemutihan memang hanya sedikit saja wajib pajak yang datang. Peningkatan akan terus bertambah pada bulan kedua dan selanjutnya. “Nanti puncaknya seminggu sebelum ditutup, pasti jumlah wajib pajak yang membayar akan membludak,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya menghimbau masyarakat khususnya yang ingin memanfaatkan program pemutihan untuk melakukannya lebih awal. Sehingga tidak menumpuk pada saat program pemutihan akan berakhir.

Diberitakan sebelumnya, pemutihan denda keterlambatan pajak kendaraan bermotor dilaksanakan selama  kurang lebih 3 bulan terhitung mulai 23 Oktober hingga 28 Desember 2017. Pemutihan ini didasarkan pada surat dari Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur Bobby Soemarsono.

Dalam surat bernomor 970/46175/202.3/2017 itu ada 3 item kebijakan. Pertama, pembebasan pokok dan sanksi adminitrasi terhadap kenaikan dan/atau bunga bea balik nama kendaraan bermotor atas penyerahan kedua dan seterusnya. Kedua, Pembebasan sanksi administrasi terhadap kenaikan dan/atau bunga pajak kendaraan bermotor.

Poin ketiga kebijakan surat yang dikeluarkan tanggal 17 Oktober 2017 itu adalah insentif pajak kendaraan bermotor untuk kendaraan bermotor angkutan umum orang dan angkutan umum barang dengan plat dasar kuning sebesar 30% dari pokok pajak kendaraan bermotor.(jai)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Peminat Pemutihan Denda Pajak Kendaraan Masih Rendah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*