Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Pelayanan Rumah Sakit MMC Bingungkan Pasien

Pelayanan Rumah Sakit MMC Bingungkan Pasien

(644 Views) March 8, 2017 12:14 am | Published by | No comment

– Anggota DPRD Banyuwangi, Ali Mustofa, menunjukkan kartu BPJS milik pasien RS MMC. (Memorandum – Fattahur)

Banyuwangi, Memorandum – Dua pasien hendak melahirkan di RS Bakti Mulia Muncar Medical Center (MMC) Kecamatan Muncar, dibuat bingung dengan syarat dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Dua pasien yang hendak melahirkan tersebut yakni; Vina Soraya, warga asal Desa Tembokrejo, dan Nurul Azizah asal Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar. Dua pasien itu masuk rumah sakit mulai Sabtu (4/3) malam.

Menurut suami Vina Soraya, Yazidi Rahman, awal pertama masuk ke rumah sakit di tanyai oleh pelayan Rumah Sakit MMC terkait pelayanan yang akan di terima. “Pada saat itu saya tak mau berfikir lama, asal istri saya segera terlayani dan tertangani, saya jawab dari pilihan pelayanan menggunakan BPJS dan Pelayanan Umum, jawab saya Pelayanan Umum,” ungkapnya.

Namun selang dua jam, tepatnya jam 24.00 WIB, Yazidi dan saudaranya merubah pelayanan dari Pelayanan Umum dirubah menjadi BPJS Kesehatan, dan disetujui oleh suster jaga dan petugas administrasi RS Bakti Mulia MMC. “Saya sanggupi buat BPJS Kesehatan sesuai yang di tentukan oleh Rumah Sakit. Namun setelah BPJS jadi dan saya sodorkan, ternyata pihak rumah sakit mempersulit dengan alasan kartu BPJS Kesehatan belum aktif, padahal menurut petugas BPJS sudah aktif dan bisa digunakan,” terang Yazidi Rahman, Senin (6/3).

Nasip sama juga dialami oleh Pasangan Soleh Tohari, Nurul Azizah asal Desa Kedungrejo, dirinya sejak senin pagi tadi mengurus BPJS Kesehatan, namun setelah jadi kartunya tidak bisa di gunakan dengan alasan yang sama. “Kami bingung harus bagai mana, apa memang pakai kartu BPJS seribet ini,” ucapnya.

Tak kunjung mendapat kejelasan, ahirnya kedua pasien meminta pendampingan terhadap salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Banyuwangi, Ali Mustofa, untuk membantu mediasi dengan rumah sakit. “Saya sudah lakukan mediasi terhadap Rumah Sakit MMC bernama Dokter Ananta, dan rumah sakit menyanggupi penggunaan pelayanan dengan  BPJS Kesehatan dua pasien yang sedang melahiran, namun terkendala dengan Kepala unit pelayanan BPJS Cabang Banyuwangi, yang saklek memakai acuan daftar masuk pelayanan, karena menggunakan Pelayanan Umum,” paparnya.

Meski saat ini kedua pasien sudah tertangani dalam melakukan operasi kelahiran pada Minggu (5/3) dini hari, namun kedua pasien ini terkendala biaya. Karena BPJS Kesehatan yang dimiliki tidak bisa di gunakan. “Setelah malam ini melakukan mediasi dengan rumah sakit, saat ini kita disuruh mediasi dengan Pihak BPJS Banyuwangi, jadi rencana kita dengan perwakilan rumah sakit akan menghadap ke kantor BPJS Banyuwangi untuk melakukan mediasi. Kami berharap BPJS tidak saklek dalam menerapkan aturan yang ada, tanpa mementingkan kearifan lokal yang ada,” Kata Ali Mustofa. (fat)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Pelayanan Rumah Sakit MMC Bingungkan Pasien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*