Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » POLITIK » Panwaslu Banyuwangi Sarankan KPU Tidak Lantik PPK Langgar Syarat Administrasi

Panwaslu Banyuwangi Sarankan KPU Tidak Lantik PPK Langgar Syarat Administrasi

(63 Views) November 8, 2017 7:29 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Panitian Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Banyuwangi, akan bersikap tegas dan independen dalam menjalankan tugasnya, terutama pada proses pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPAS) Pilgub Jawa Timur tahun 2018. Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019.

Pasca diumumkannya hasil seleksi tertulis PPK, Panwaslu mendapatkan temuan beberapa nama yang lolos terindikasi masih menjadi anggota Partai Politik dan ada yang pernah menjabat 2 (dua) periode sebagai penyelenggara ad hock dalam satu tingkatan .

“ Setelah pengumpulan data-data, Panwaslu akan mengirimkan saran rekomendasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi untuk tidak melantik menjadi PPK,” ucap Ketua Panwaslu Banyuwangi, Hasyim Wahid saat dikonfirmasi, Rabu (08/12/2017) Di Ruang kerjanya.

Nama-nama orang yang terindikasi masih menjadi anggota Partai Politik tersebut, dianggap terbukti tidak memenuhi persayaratan administrasi yang diatur dalam Pasal 72 huruf (d dan e) Undang-Undang No. 7 Tahun 2017, dan Pasal 18 huruf (d dan e) Peraturan KPU No.12 tahun 2017, terkaitsayarat calon  anggota PPK.

“ Kami temukan salah satu calon PPK dikecamatan Kota Banyuwangi masih menjadi anggota Partai Politik,” ungkap Hasyim Wahid.

Panwaslu berharap KPU Banyuwangi menindaklanjuti saran rekomendasi, untuk tidak melantik PPK maupun PPS yang masih menjadi anggota Partai Politik atau Tim Sukses. Begitupun juga kepada calon PPK yang pernah menjabat dua periode dalam satu tingkatan.

“  Jika saran rekomendasi panwaslu tidak diindahkan atau diabaikan, maka Panwaslu akan melaporkan temuan pelanggaran administrasi tersebut ke Banwaslu Jawa Timur dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu RI,” tegasnya.

Dari 389 orang yang mengikuti tes tertulis calon PPK, 125 orang dinyatakan lulus,yang selanjutnya memasuki tahapan uji publik.

Reporter : Hariyadi

Author : setiawan

Categorised in:

No comment for Panwaslu Banyuwangi Sarankan KPU Tidak Lantik PPK Langgar Syarat Administrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*