February 17, 2018

Pantai Mustika, Bakal Jadi Primadona Wisata Bahari Baru Banyuwangi

BANYUWANGI  –  Pariwisata Banyuwangi terus bergeliat. Setelah sukses mempromosikan Pantai Pulau Merah menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan, Pemkab Banyuwangi akan mengembangkan Pantai Mustika sebagai destinasi wisata baru dengan konsep back to nature.

Pantai Mustika akan menjadi alternatif wisata bahari di Bumi Blambangan. Pantai ini berlokasi 2 km arah Barat Pantai Pulau Merah. Sejatinya Pantai Pulau merah dan Pantai Mustika berada dalam satu garis pantai  panjang yang berbentuk seperti setengah lingkaran.  Pasirnya putih, bersih dan suasananya masih sepi. Sangat cocok untuk para wisatawan yang mencari ketenangan.

Melihat potensi yang besar, pemkab berinisiatif mengembangkan pantai ini tanpa mengubah suasananya aslinya. Sesuai dengan konsep wisata yang selama ini diusung Banyuwangi, pengembangannya akan mengarah pada konsep kembali ke alam (ecotourism). Keaslian alam akan dijaga, bangunan yang akan didirikan akan menonjolkan material dari bahan-bahan alam dan ramah lingkungan.

“Pengembangan pantai ini akan lebih mudah karena lokasinya merupakan aset pemda. Untuk tahap awal di Pantai Mustika ini Pemkab akan membangun resort dengan material alami seperti kayu ulin dan atap rumbia. Meski bangunannya bakal sederhana, tapi kualitas pelayanannya seperti bintang lima,” kata Bupati Anas.

Nantinya tidak hanya pemerintah daerah yang akan mengembangkan pariwisata di Pantai Mustika. Pemkab juga membuka kesempatan bagi investor untuk masuk. Tentu saja aturan ketat mengikat bagi para investor. “Kami membuka diri untuk investor tapi khusus bagi investor yang sejalan dengan konsep daerah. Semua persyaratan teknis sampai desain bangunan yang akan dikembangkan wajib mengikuti konsep ecotourism kita,” tegas Bupati.

Ditambahkan Anas, pengembangan Pantai Mustika ini akan dibagi untuk kawasan publik dan private, sehingga wisatawan yang ingin suasana tenang dan tinggal lebih lama di pantai ini tidak terusik dengan wisatawan yang sekedar datang  untuk menikmati keindahan alam.

“Hamparan pantai di sini kan panjang sekali. Nanti kawasan ini akan kita bagi dua untuk publik dan private agar semua bisa menikmati. Kita mengakomodir kebutuhan wisatawan menengah ke atas, yang kerap mengutarakan ke saya ingin menikmati suasana Pulau Merah sambil duduk dan ngopi dengan suasana cozy dan tenang,” cetus Bupati Anas.

Bupati menambahkan, pengembangan Pantai Mustika ini akan melengkapi Pulau Merah. sebagaimana diketahui, pihak Perhutani pemilik aset Pantai Pulau Merah telah menyiapkan dana Rp. 7,8 miliar untuk membangun restoran dan resort untuk melengkapi fasilitas wisata di sini.

“Nanti akan mulai dibuat dek-dek dari kayu. Konsepnya tetap alami tanpa membangun hotel baru. Desainnya sudah pernah dipresentasikan kepada kami dan sudah kami approve. Selain itu, pembicaraan masalah bagi hasil antara Perhutani dan Pemkab juga telah menemukan kesepahaman.” pungkas Bupati. (Humas Protokol)

banner 468x60