Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PARIWISATA » Pantai Bangsring, Spot Snorkeling Menarik di Banyuwangi Utara

Pantai Bangsring, Spot Snorkeling Menarik di Banyuwangi Utara

(11199 Views) August 18, 2014 3:27 pm | Published by | No comment

Bisa Kumpul Ikan Hias di Kedalaman 50 cm

pantai bangsring

WISATA alam bawah laut di perairan Bangsring kian digemari. Wisata bahari yang dikelola oleh kelompok nelayan tradisional Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi ini menyuguhkan eksotisme terumbu karang yang patut dibanggakan. Taman laut yang sangat indah ini bisa kita lihat langsung ikan-ikan yang sedang bermain di sekitar terumbu karang. Laut yang dangkal, juga menjadi kelebihan bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan terumbu karang.

Dengan kedalaman yang hanya dua meter, para wisatawan yang berkunjung sudah bisa melihat pemandangan laut yang indah dengan snorkeling. Bahkan, ikan hias dan terumbu karang bisa dinikmati di kedalaman hanya 50 centimeter! Selain itu, tempat wisata bahari ini juga mudah dijangkau. Tepatnya di sebelah utara tempat wisata Watudodol, kurang lebih sekitar dua kilometer (2 Km) ke arah utara tempat wisata ini sudah bisa ditemui. Tidak adanya biaya masuk untuk menuju pantai tersebut.

Pengunjung yang datang hanya dibebankan biaya sewa peralatan snorkeling. Dengan biaya yang terjangkau, para pengunjung sudah mendapatkan peralatan masker plus bonus sewa pelampung. ”Pengunjung hanya dibebankan sewa peralatan snorkel. Harga sewa antara Rp 25.000 sampai Rp 30.000 ribu per orang. Namun, kalau pengunjung menyewa 10 peralatan, kita beri gratis satu pemandu yang bisa memandu para pengunjung untuk melihat terumbu karang,” jelas Ikhwan Arief, Ketua Kelompok Nelayan Desa Bangsring.

Pemandangan bawah laut yang ini memberikan pengalaman wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi dan awak media lain. Sebelum melakukan snorkeling di laut, terlebih dahulu pemandu memberikan arahan kepada pengunjung tata cara snorkeling yang aman. Pemandu juga memberi tahu spot yang tepat untuk melihat terumbu karang yang bagus. Setelah memberikan arahan, kita dipersilakan untuk berdoa terlebih dahulu sebelum snorkeling. Dengan masker di wajah, mata kita sudah bisa melihat pemandangan laut yang sangat indah dan eksotis. Tidak perlu ke tengah laut untuk menjangkau terumbu karang yang bagus.

Dalam beberapa langkah saja, terumbu karang tersebut sudah terlihat oleh mata. Ada beraneka jenis terumbu karang di perairan tersebut. Ikan-ikan laut yang indah, juga bisa jumpai melintas berseliweran di depan mata kita. Terlihat juga, beberapa karang buatan yang ditanam oleh kelompok nelayan setempat. Tidak lupa, saya juga membawa kamera khusus underwater hasil pinjaman seorang teman. Saya mengabadikan moment indah ini. Selain itu, terumbu karang yang sangat indah itu pun tidak luput dari bidikan kamera.

Yang patut diperhatikan, arus Selat Bali yang kuat menjadi tantangan tersendiri. Selain karena penasaran, pikiran juga menjadi tenang apabila bisa melihat indahnya terumbu karang itu. Tidak hanya arus yang cukup kuat, hawa dingin di perairan laut juga menjadi tantangan tersendiri bagi saya. Hawa dingin tersebut bisa hilang jika kita tetap berendam di dalam air laut. Sebaliknya, jika kita tidak menceburkan diri ke dalam air laut, hawa dingin akan semakin terasa.

”Sampeyan kok kedinginan, tetap masuk ke dalam air laut saja, biar hangat,” tutur salah satu pemandu.  Ternyata benar apa yang diserukan oleh pemandu tersebut. Dengan kita tetap menceburkan badan kita ke laut, hawa dingin itu hilang dan tubuh kita terasa hangat. Hal tersebut semakin membuat saya untuk tidak beranjak dari dalam air laut dan terus memandang terumbu karang di perairan Bangsring ini. Setelah dua jam lebih mengelilingi seluruh areal terumbu karang di sana, saya akhirnya merasa kecapaian.

Saya pun memutuskan untuk menyudahi pengalaman berharga ini. Rasa lelah pun terbayar dengan keindahan laut. Sementara itu, Ikhwan Arief, Ketua Kelompok Nelayan Bangsring mengatakan, selama ini pengunjung juga mulai bertambah dari hari ke hari. Dalam sehari bisa 50 orang yang berkunjung ke Pantai Bangsring untuk ber-snorkeling. ” Dalam satu bulan kemarin saja, ada sekitar seribu orang yang berkunjung ke Pantai Bangsring untuk snorkeling,” pungkasnya. (RADAR-kabarbanyuwangi.info)

Categorised in:

No comment for Pantai Bangsring, Spot Snorkeling Menarik di Banyuwangi Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*