Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Olah Kulit Pisang Bernilai Ekonomis

Olah Kulit Pisang Bernilai Ekonomis

(254 Views) June 19, 2017 10:03 am | Published by | No comment

Tsania (kiri) mendemokan mengolah kulit pisang pada ibu PKK

Banyuwangi, Memorandum – Kulit pisang bagi kebanyakan orang dianggap sebagai limbah sehingga dibuang begitu saja. Padahal sebenarnya kulit pisang memiliki kandungan gizi yang lengkap. Atas dasar inilah sekelompok mahasiswi Universitas Airlangga (Unair) Banyuwangi melakukan pelatihan kepada ibu-ibu PKK di Kelurahan Boyolangu, Kecamatan Giri. Dengan bimbingan mereka anggota, ibu-ibu PKK berhasil mengolah kulit pisang menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis.

Adalah Tsania Ysnaini Mawardi, (17), dan empat temannya yang memberikan pelatihan ini. Sehingga ibu-ibu yang awalnya hanya seorang ibu rumah tangga sekarang sudah bisa menghasilkan produk dari kulit pisang. “Tujuan kami mengubah mindset dari yang sebelumnya menganggap kulit pisang hanyalah limbah menjadi suatu yang menghasilkan produk untuk menopang penghasilan keluarga,” ujar Tsania.

Dengan bimbingan kelima mahasiswi ini, ibu-ibu yang sebagian besar hanya lulusan SD ini kini sudah terampil membuat produk minuman segar dari kulit pisang. Selain keterampilan mengolah kulit pisang, mereka juga diberikan ilmu untuk mengolah buah pisang menjadi produk yang memiliki nilai jual dan menguntungkan bagi mereka.

Ditambahkan, selama ini masyarakat awam tidak banyak mengetahui bahwa pisang, baik buah, daun, batang, jantung, dan kulitnya sekalipun, dapat dimanfaatkan. Berdasarkan ilmu yang dipelajarinya, Tsania menyebut porsi kulit pisang itu cukup banyak, mencapai sepertiga dari buah pisang sebelum dikupas.

Kandungan gizi kulit pisang, lanjutnya, juga cukup lengkap, seperti karbohidrat, lemak, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B, vitamin C dan air. “Unsur-unsur gizi yang terkandung dalam kulit pisang inilah yang dapat digunakan sebagai sumber energi dan antibodi bagi tubuh manusia,” jelas mahasiswi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unair Banyuwangi ini.

Para mahasiswi ini tidak hanya mengajari bagaimana mengolah kulit pisang menjadi produk bernilai ekonomis, namun juga mengajarkan packaging, hingga perijinan perihal UMKM di Kabupaten Banyuwangi. Diharapkan juga, mereka yang sudah mendapatkan ilmu dapat membentuk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dengan produk yang dapat mereka hasilkan dari pengolahan pisang yang mereka sebut dengan Banana Skin (Banskin) Business ini.

Salah seorang anggota PKK yang mengikuti pelatihan ini, Saumah, (44), warga Jl. Nusa Indah, Kelurahan Boyolangu, menyatakan, sebelumnya tidak mengetahui kalau kulit pisang dapat diolah menjadi produk yang bernilai ekonomis. “Saya dan ibu-ibu PKK baru tahu kalau gizi kulit pisang itu sangat tinggi dan bisa diolah menjadi minuman dan makanan,” ujarnya.(jai)

Sumber | Surat Kabar Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Olah Kulit Pisang Bernilai Ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*