February 15, 2018

Menparekraf Juga Resmikan Homestay Ber Wifi

mentri HSBANYUWANGI – Usai meresmikan pembukaan Pulau Merah International Surfing Competition 2014, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu juga meresmikan homestay ber wi-fi di lokai yang sama (23/5).

Menparekraf mengatakan pariwisata benar-benar memiliki dampak ganda. Salah satunya adalah yang diresmikan sekarang, menggeliatnya ekonomi masyarakat melalui penyewaan homestay untuk wisatawan. “Saya lihat homestay disini sangat berkembang sekali. Fasilitasnya lengkap, apalagi dilengkapi wi-fi yang memang sudah menjadi kebutuhan, ini jadi homestay bintang lima,” kata Menparekraf.

Menparekraf menambahkan, kemajuan pariwisata memang terbukti mampu membangkitkan industri ekonomi kreatif seperti kuliner, suvenir, kesenian termasuk homestay. Untuk itu destinasi wisata itu sendiri harus dijaga agar industri kreatif yang telah tumbh bisa berkelanjutan. “Di Pulau Merah ini saya lihat fasilitas sudah lengkap, akses jalan sudah bagus. Saya tadi belum lihat langsung, tapi yang harus lebih di perhatikan adalah tempat mandi dan berbasuh, ini sepele tapi penting. Dan terutama kebersihan tempat ini harus terus dijaga,” ujar Menparekraf.

Pada kesempatan itu Menparekraf didampingi Bupati Abdulah Azwar Anas meninjau langsung rumah-rumah homestay milik warga yang telah dilengkapi akses wi-fi. Salah satunya milik Jaya (25). Jaya mengatakan homestay di Pulau Merah berjumlah 20 rumah yang selalu terisi penuh setiap week-end. Homestaynya miliknya  menghasilkan paling tidak Rp 4 juta perbulan. Dia mulai aktif menyewakan rumahnya untuk wisatawan sejak 1,5 tahun lalu.

“Kami diberi pelatihan oleh Pemkab bagaimana caranya menata kamar, menerima tamu dan menyajikan makanan. Setelah pelatihan kami mulai bisa mempromosikan homestay secara langsung kepada wisatawan sehingga penghasilan meningkat,” kata Jaya. (Humas Protokol)

banner 468x60