Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Menguak Misteri Tumpangpitu Pesanggaran-Banyuwangi (2)

Menguak Misteri Tumpangpitu Pesanggaran-Banyuwangi (2)

(1208 Views) May 19, 2016 10:18 am | Published by | No comment

Diramal Cikal Bakal Kemunculan Tokoh Nusantara Satrio Piningit 

Misteri Gunung Tumpangpitu

Lelaku sesaji untuk mahluk halus penunggu salah satu titik di Gunung Tumpangpitu

Banyuwangi, Memorandum – Dalam satu dasa-warsa terakhir, nama Gunung Tumpangpitu yang terletak di Kecamatan Pesanggaran, menjadi sangat terkenal, bahkan sampai ke Negara manca. Kawasan yang secara hukum masuk dalam wilayah ‘kekuasaan’ Kementerian Kehutanan itu, menjadi terkenal karena kandungan mineral yang ada didalamnya.

Namun demikian, ternyata ada satu misteri yang masih menyelimuti gunung yang terletak di kawasan pinggir Laut Selatan itu. Menurut penuturan dan kesaksian para sesepuh warga setempat, selain menyimpan kekayaan alam yang luar biasa, Gunung Tumpangpitu juga banyak menyimpan misteri yang secara alami akan terkuak dimasa-masa yang akan datang.

Sutomo (43), spiritualis muda yang tinggal di lereng sebelah timur Gunung Tumpangpitu, Kampung Baru Desa/Kec. Pesanggaran menuturkan, sebagian tentang misteri yang selama ini menyelimuti kawasan pegunungan tersebut. Menurutnya, sedikit demi sedikit misteri itu sudah mulai terkuak. Salah satunya adalah kekayaan alam yang selama ini terpendam didalamnya, yang sudah mulai digali dan mulai menimbulkan ‘riak-riak’ kehidupan di sekitarnya.

Menurut pria yang akrab dipanggil Tomo, dari tanda-tanda yang diperolehnya pada saat ritual semedi di Alas Purwo, menunjukkan bahwa apa yang ada di Gunung Tumpangpitu akan menjadi pemicu revolusi dan perubahan menuju tatanan yang adil dan sejahtera di Nusantara. Hanya saja, kata Tomo, siapapun yang mengelola kekayaan alam Gunung Tumpangpitu, bila tidak bisa amanah dan berbuat adil kepada masyarakat dan Negara, maka akan mendapatkan bala-bencana karena tidak direstui oleh hal Ghoib yang selama ini menjaga keberadaannya.

Tomo juga mengungkapkan, bahwa Gunung Tumpangpitu juga ada kaitanya dengan lahirnya tokoh yang disebut ‘Satrio Piningit’ yang dinanti-nanti oleh masyarakat Nusantara. Menurut hasil terawangannya, Satrio Paningit tersebut lahir dan bertempat tinggal di sebelah barat Gunung Srawet. Terlahir di pinggiran hutan dari keturunan orang biasa keturunan kasta sudra, tetapi memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional. “Saya belum tahu persisnya kapan dia akan lahir. Tetapi saya yakin, dia akan muncul diantara tahun 2020 sampai 2025,” ungkapnya. (swa) Bersambung...

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Menguak Misteri Tumpangpitu Pesanggaran-Banyuwangi (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*