February 13, 2018

Makan Durian Gratis di Festival Buah Lokal Banyuwangi

pesta durian

pesta durian

BANYUWANGI – Festival Buah Lokal digelar di Taman Blambangan Banyuwangi, Sabtu (28/3), dengan  menyajikan beragam komoditas hortikultura buah-buahan, seperti durian, semangka, melon, rambutan, pisang, buah naga, jeruk, jambu biji, belimbing dijajakan di sana. Selain itu, ada hortikultura sayuran, seperti cabai dan tomat.

Yang menarik, di festival ini, wisatawan berkesempatan makan durian gratis. Acara berlangsung sejak 28 Maret sampai 3 April 2015.

Terdapat 36 stan buah yang menjajakan buah-buahan khas Banyuwangi, termasuk durian merah yang memiliki cita rasa legit dan manis. Selain durian merah, durian lokal sebangsa durian kasur, bokor, lei, dan durian bajul juga tampak memenuhi festival ini. Bahkan saat pembukaan festival ini, ratusan durian lokal disusun menyerupai gunungan untuk diberikan gratis kepada pengunjung.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, festival ini diharapkan bisa menjadi sarana promosi buah lokal asal Banyuwangi dan mendongkrak pendapatan petani buah. “Selain meningkatkan nilai jual dan keuntungan pedagang buah, festival ini digelar sebagai ajang belajar melayani pembeli dengan penyiapan packaging (kemasan) yang baik,” ujar Bupati Anas.

Dalam festival ini, pengunjung bisa memborong buah dengan harga miring. Buah manggis, misalnya, yang biasanya dijual Rp 13 ribu per kg, di festival ini dijual dengan Rp 9 ribu per kg. Begitu juga dengan jambu kristal yang biasanya satu kilogram mencapai Rp 20 ribu, di festival cukup Rp 15 ribu.

Anas menambahkan, selama ini Pemkab Banyuwangi terus berkomitmen untuk melakukan penguatan petani hortikultura dengan memproteksi komoditas buah lokal seiring maraknya serbuan buah impor yang masuk ke Indonesia. Sejumlah langkah nyata telah diambil, antara lain dengan melarang semua PNS untuk menyajikan buah impor dalam setiap acara. ” Ini juga sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam mengembangkan dan melindungi buah lokal Banyuwangi. Juga sebagai langkah awal kami untuk mengajak masyarakat gemar makan buah, khususnya buah lokal,” ujar Bupati Anas.

Saat ini produktivitas buah lokal terus di Banyuwangi terus mengalami peningkatakan Misalnya, buah  tahun 2012 produksi buah naga Banyuwangi sebesar 12.936 ton dan meningkat 16.631 ton di tahun 2013. Pada tahun 2014 meningkat secara signifikan sebesar 28.819 ton. Adapun manggis dari 8.644 ton pada 2012 terus meningkat menjadi 16.224 ton pada 2014. (Humas Protokol)

banner 468x60