Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Lakon ‘Purwokolo’ Iringi Ruwatan Massal

Lakon ‘Purwokolo’ Iringi Ruwatan Massal

(230 Views) April 10, 2017 12:15 pm | Published by | No comment

‘Ruwatan Bumi Blambangan’

Banyuwangi, Memorandum – Acara ruwatan massal ‘gratis’ yang digelar diatas jembatan Talang, Desa/Kecamatan  Bangorejo, Sabtu (8/4) siang, berlangsung lancar dan sukses. Ruwatan massal bertajuk ‘Ruwatan Bumi Blambangan’ yang diprakarsai Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) bekerjasama dengan LSM Advokasi dan disupport Harian Memorandum ini diikuti 89 peserta ruwatan dan dipimpin Dalang Ki Suyadi dari Desa Sambirejo. Lakon yang dipilih untuk mengiringi ruwatan adalah; ‘Purwokolo’. Menariknya, acara ruwatan itu sengaja digelar diatas bangunan Dam kuno yang oleh warga sekitar dikenal dengan nama; Talang Bango.

Ketua Panitia pelaksana, Suparmin, M.Pd., menjelaskan, acara ruwatan massal gratis itu sengaja digelar dalam rangka ‘nguri-uri’ dan melestarikan adat-tradisi nenek-moyang, yang dimaksudkan sebagai upaya membersihkan atau menjauhkan masyarakat dan lingkungan dari segala ancaman mara-bahaya. “Diluar dugaan peserta ruwatan ternyata cukup banyak, hingga mencapai 89 orang. Acara ruwatan ini dilaksanakan sesuai adat-tradisi kuno, lengkap dengan segala sesajen yang dibutuhkan,” jelasnya.

Lebih jauh diungkapkan, pakaian sepengadeg (1 stel pakaian) yang biasa digunakan sehari-hari oleh masing-masing peserta ruwatan  yang diserahkan sebagai persyaratan, adalah sebagai upaya membersihkan diri dari jiwa yang kotor hingga kembali bersih. “Sekaligus juga agar dalam melakukan usaha apapun dan menjalankan apapun, dapat tercapai sesuai dengan tujuan,” ungkap Suparmin.

Setelah jeda prosesi ruwatan, pada malam harinya dilanjutkan dengan pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dengan lakon ‘Kikis Tunggorono’ yang dimainkan Ki Dalang Yuwono Lebdo Carito, dari Stembel, Tegalsari. (bud/swa)

Sumber | Surat Kabar Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Lakon ‘Purwokolo’ Iringi Ruwatan Massal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*