Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » KRIMINAL » Korban Kanjeng Dirman Penipu Pengganda Uang Kian Bertambah

Korban Kanjeng Dirman Penipu Pengganda Uang Kian Bertambah

(525 Views) October 15, 2016 1:40 pm | Published by | No comment

korban-kanjeng-dirman-bertambah

Banyuwangi, Memorandum – Setelah praktik penipuan dengan modus penggandaan uang yang dilakukan M Sudirman alias Kanjeng Dirman terungkap, Khoirudin, sopir pribadi kanjeng Dirman, ternyata juga korban penipuan yang dilakukan oleh warga Dusun Kajarharjo, Desa Kalibaru Kulon, Kalibaru, itu.

KBO Satuan Reskrim Polres Banyuwangi, Ipda Hadi Waluyo menyatakan, awalnya Khoirudin dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus penipuan dengan korban Ramli Lubis (44), warga Desa Durau, Kecamatan Ngopa, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Utara. Sebab, Khoirudin lah yang mengenalkan Ramli Lubis kepada Kanjeng Dirman.

Dalam pemeriksaan, Khoirudin menyatakan kalau dirinya mengetahui trik Kanjeng Dirman saat melakukan ritual yang disebut-sebut untuk menggandakan uang. Saat pelaksanaan ritual, Kanjeng Dirman menaburkan gula ke bara api tempat dupa. Sehingga, muncullah asap hingga memenuhi ruang yang digunakan ritual. “Saat itulah Khoirudin mengetahui tersangka memasukkan uang pecahan Rp 100 ke kotak yang dimasukkan dalam tas kresek hitam,” kata mantan Kasi Propam Polres Banyuwangi ini.

Masih dari hasil pemeriksaan akhirnya terungkap Khoirudin ternyata adalah korban dari Kanjeng Dirman. Dia sempat menyerahkan uang sebesar Rp 5 juta untuk digandakan oleh Kanjeng Dirman. “Dia hanya dijanjikan akan digandakan sambil menunggu realisasi janji dia dijadikan sopir pribadi oleh tersangka,” bebernya.

Dari Khirudin dan Ramli akhirnya didapatkan keterangan mereka percaya kanjeng Dirman bisa menggandakan uang setelah melihat trik yang dipamerkan. Kanjeng Dirman pernah menunjukkan trik merubah roti menjadi katak hidup. Setelah melihat itu mereka langsung percaya dan menyerahkan uang untuk digandakan.

Selain Khoirudin, Polisi juga mendapatkan informasi adanya korban-korban lain. Namun sejauh ini informasi tersebut barus sebatas informasi dari orang yang mengenal korban lain. “Kami dapat informasi ada korban lain, tapi hingga saat ini belum melapor. Kami himbau jika memang ada yang jadi korban silakan melapor kepada kami,” pintanya.

Diberitakan sebelumnya, Polisi menangkap Kanjeng Dirman atas dugaan penipuan dengan modus penggandaan uang. Polisi awalnya mendapatkan laporan dari Ramli Lubis. Pria ini mengaku telah menyerahkan uang senilai Rp 350 juta pada Kanjeng Dirman untuk digandakan. Uang itu dijanjikan akan berlipat menjadi 3,5 Milyar.

Bukannya bertambah banyak, korban justru hanya mendapatkan uang pecahan Rp 100 yang diduga palsu sebanyak 40 bendel. Hingga kini Polisi masih mencari uang yang diserahkan korban pada Kanjeng Dirman. Kanjeng Dirman sendiri mambantah telah menerima uang dari korban. (jai/bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Korban Kanjeng Dirman Penipu Pengganda Uang Kian Bertambah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*