Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » KONFERCAB GP ANSOR BANYUWANGI RICUH

KONFERCAB GP ANSOR BANYUWANGI RICUH

(1123 Views) May 9, 2016 3:30 pm | Published by | No comment

Dipicu 2 SK PAC Ditahan

GP Ansor Banyuwangi Ricuh

Pasca pembukaan Konfercab Ansor Banyuwangi foto bareng dengan Bupati Abd. Azwar Anas. Malam hari suasana panas di konfercab Ansor Banyuwangi hingga diputuskan deadlock.

Banyuwangi, Memorandum – Konferensi Cabang (Konfercab) Gerakan Pemuda Ansor Banyuwangi Periode 2016 – 2020 di Pondok Pesantren (Ponpes) Abu Sina Dusun Jalen Desa Setail Kecamatan Genteng, Sabtu malam (7/5), berlangsung ricuh dan tidak kondusife. Perwakilan Koordinator Wilayah Ansor Jawa Timur, Rudi Wachid terpaksa menghentikan jalannya proses pemilihan Ketua PC Ansor Banyuwangi.

Pantauan Memorandum diarena Konfercab Ansor, sedikitnya 17 Pengurus Anak Cabang (PAC) Ansor kecamatan meninggalkan arena, karena ada dugaan rekayasa memenangkan salah satu calon kuat yang mendapat restu dari penguasa di Banyuwangi. Pemicu deadlock proses demokrasi Ansor Banyuwangi, munculnya faksi penahanan SK PAC Ansor Kecamatan Muncar dan Gambiran.

17 PAC, diantaranya Pesanggaran, Kalibaru, Siliragung, Bangorejo, Purwoharjo, Cluring, Tegaldlimo, Wongsorejo, Kalipuro, Giri, Glagah, Licin, Rogojampi, Muncar dan Singojuru meninggalkan arena konfercab. Terkesan aksi meninggalkan arena sebagai bentuk solidaritas, karena tidak diberikannya SK PAC Ansor Muncar dan Gambiran oleh Pengurus Cabang (PC) Ansor yang selama ini kabarnya berseberangan dengan kebijakan PC Ansor Banyuwangi. “Mulai terbentuk PAC Muncar dan Gambiran, sampai akhir masa jabatan PC Ansor sekarang, SK ditahan tanpa alasan dan sebab yang jelas. Ini kan sebuah bentuk kejahatan demokrasi,” ungkap Fahmi, mantan pengurus Ansor Banyuwangi, Minggu (8/5).

Pemicu lain, jelas Fahmi, karena Pimpinan Sidang Konfercab, Abdul Azis dan Mashud dianggap menyimpang dan tidak memahami mekanisme konfercab. Menurut sebagian peserta, seharusnya pimpinan sidang membahas tata tertib (tatib) pemilihan ketua PC Ansor, namun yang terjadi pimpinan sidang langsung mengambil sesi menanyakan persyarakat dukungan calon ketua PC Ansor. Terlebih ada salah satu calon ketua PC Ansor yang mendapat suara mayoritas yang memiliki kelengkapan syarat sesuai AD/ART komplit. Ada kesan keberpihakan pimpinan sidang yang terkesan sengaja mengulur waktu. Sehingga membuat kelelahan peserta konfercab. “Bisa dibayangkan masing-masing peserta sudah datang pagi, proses persidangan dilakukan malam hari. Mereka lelah, karena seharian meninggalkan aktifitas mata pencaharian,” ungkapnya.

Sayangnya pimpinan sidang konfercab, Abdul Azis saat dikonfirmasi via telephone pribadinya tidak aktif. Demikian pula pemegang SK Perpanjangan PC Ansor Banyuwangi, Sukron Makmun tidak aktif pula.

Ketua Pengurus Wilayah (PW) Ansor Jawa Timur, Rudi Nur Wachid yang datang langsung di Konfercab Ansor Banyuwangi kepada wartawan, menegaskan kondisi konfercab Ansor tidak kondusif dan terpaksa dihentikan. Untuk itu, Rudi akan segera membuat laporan untuk disampaikan ke DPP Ansor di Jakarta. “Kondisi apa pun akan kita sampaikan ke DPP terkait Ansor Banyuwangi,” jelasnya.

Dampak deadlocknya Konfercab Ansor Banyuwangi, sudah tentu akan mempengaruhi perjalanan citra salah satu Badan Otonom lembaga Nahdlatul Ulama (NU). Terlebih pada sore harinya, acara Konfercab Ansor Banyuwangi disambut dan dibuka langsung kader Ansor terbaik Bupati Abdullah Azwar Anas, Pengurus Cabang NU Banyuwangi, KH. Khisyam Syafaat dan KH. Masykur Ali, KH. Toha Muntoha.

Informasi terbaru, sejumlah PAC Ansor Banyuwangi akan membuat kronoligis terkait penyebab keributan dalam Konfercab Ansor Banyuwangi. Selanjutnya akan dilaporkan ke PW Ansor Jawa Timur dan DPP di Jakarta. “Kami sedang membuat laporan, harapannya PW dan DPP. “Kita berharap PW dan DPP bijak mendengarkan fakta yang sebenar-benarnya dilapangan,” tambah Fahmi.  (swa/coi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in: ,

No comment for KONFERCAB GP ANSOR BANYUWANGI RICUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*