Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Komisi I Kaji Pembentukan Tim IP4T

Komisi I Kaji Pembentukan Tim IP4T

(804 Views) November 18, 2015 12:43 pm | Published by | No comment

Komisi I DPRD Banyuwangi

Banyuwangi, Memorandum – Komisi I DPRD Banyuwangi mengundang Badan Pertanahan Nasional (BPN), Perum Perhutani, dan Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Pemkab Banyuwangi,  serta Dinas PU Binamarga, Cipta Karya dan Tata Ruang, untuk membahas rencana pembentukan Tim Inventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Pengunaan dan Pemanfaatan Tanah (IP4T) di Kabupaten Banyuwangi.

Sesuai dengan Peraturan Bersama Mendagri, Menhut, Menteri PU dan BPN RI tertanggal 17 Oktober 2014 terkait tata cara penyelesaian penguasaan tanah yang berada dalam kawasan hutan.

Menurut Ketua Komisi I Ficky Septalinda, dengan terbitnya Peraturan Bersama 4 Menteri tersebut, nantinya dapat membantu menyelesaikan berbagai persoalan tanah atau lahan masyarakat, terutama yang berada didalam kawasan hutan, seperti tanah pusaka di Desa Grajagan. Tanah erpa di Tegaldlimo dan tanah-tanah sengketa lainnya.

“Rapat Koordinasi bersama saat ini dalam rangka mencari masukan, saran dan pendapat terkait Peraturan Bersama empat Menteri tentang tata cara penyelesaian penguasaan tanah yang berada dalam kawasan hutan” jelas Ficky Septalinda, SE saat dikonfirmasi Memorandum usai memimpin rapat, Selasa (17/11/2015) diruang Komisi I.

Meski empat lembaga vertical yakni BPN, Perhutani, Dinas PU Binamarga maupun Bagian Pemerintahan mendukung, Peraturan Bersama Mendagri, Menhut, Menteri PU, Menteri Tata Ruang dan Pertanahan Nasional masih belum bisa diterapkan, walaupun Peraturan bersama itu sudah dikeluarkan satu tahun yang lalu. “Saat ini juklaknya hanya sebatas pembentukan Tim IP4T ditingkat daerah, sedangkan juknis pelaksanaanya belum ada” ungkap Ketua Komisi I DPRD Banyuwangi. (ydi)

Sumber : Koran harian Memorandum

MEMORANDUM

Categorised in:

No comment for Komisi I Kaji Pembentukan Tim IP4T

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*