February 20, 2018

Komisi A DPRD Kabupaten Manokwari Belajar Pendidikan di Banyuwangi

Komisi A DPRD Manokwari Irian Jaya

Komisi A DPRD Manokwari Irian Jaya

Banyuwangi, Memorandum – Kemajuan berbagai sektor pembangunan di Kabupaten Banyuwangi, mulai dilirik dan menjadi acuan kerja bagi daerah lain. Terbukti, saat ini mulai banyak daerah Kabupaten di Indonesia yang mengirimkan pejabatnya baik dari kalangan birokrasi maupun lembaga legislatifnya untuk belajar banyak dari kemajuan yang berhasil dicapai Kabupaten Banyuwangi.

Dar sekian banyak daerah yang mengirim pejabatnya ke Banyuwangi diantaranya adalah; DPRD Kabupaten Sumenep, (Madura) dan Kabupaten Manokwari, Papua Barat, yang melakukan kunjungan kerja ke DPRD Banyuwangi, Senin (26/10) kemarin. Rombongan DPRD Kabupaten Manokwari yang terdiri dari 14 anggota Komisi A yang didampingi Sekretariat DPRD ini diterima oleh Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Sri Utami Faktuningsih dengan didampingi Ketua Komisi I, Vicky Septalinda.

Ditemui wartawan seusai menerima rombongan, Vicky Septalinda menjelaskan, rombongan DPRD dua kabupaten tersebut tertarik untuk belajar ke Banyuwangi khususnya tentang masalah Pendidikan dan kesehatan. “Masalah-masalah yang terkait dua materi tersebut yang menjadi prioritas kunjungan mereka ke Banyuwangi,” jelas Vicky kepada wartawan.

Sementara itu, Ketua Rombongan DPRD Kabupaten Manokwari, Ayu Battaray, menjelaskan, selain masalah Pendidikan dan Kesehatan, banyak hal yang perlu dipelajari dari Kabupaten Banyuwangi, diantaranya adalah masalah pengelolaan industri kaperiwisataan. “Secara topography, antara Banyuwangi dan Manokwari memiliki banyak kesamaan. Untuk itu, kita masih harus banyak belajar dari Banyuwangi. Seperti yang sudah kita lihat di Pantai Boom, penataannya cukup bagus dan menarik. Demikian juga dengan sektor-sektor pendukung pariwisata seperti perhotelan, dan sebagainya, akan kita coba untuk diaplikasikan di Manokwari,” ungkap Ayu Battaray, yang juag menjabat sebagai Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Manokwari ini.

Terkait masalah kesehatan, sebagaimana diungkap oleh anggota rombongan, Elly Wanma, SE., Kabupaten perlu tahu bagaimana kiat-kiat Kabupaten Banyuwangi dalam memajukan bidan pendidikan dan kesehatan, khususnya tentang penanganan kesehatan Ibu dan Anak. “Angka kematian bayi baru lahir dan tentang kesehatan ibu, masih menjadi masalah utama di Manokwari. Kita perlu tahu bagaimana Banyuwangi bisa mengatasi masalah tersebut,” ungkap Elly Wanma, kepada wartawan. (bud/ydi)

Sumber : Koran Harian Memorandum

MEMORANDUM

banner 468x60