Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Ketika Mahasiswa Banyuwangi Cerdas Halal bihalal dengan Bupati Anas

Ketika Mahasiswa Banyuwangi Cerdas Halal bihalal dengan Bupati Anas

(1234 Views) August 4, 2014 10:14 pm | Published by | No comment

Bangga Bisa Raih Mimpi Jadi Kenyataan

Pancaran optimisme dan tatapan mata ratusan mahasiswa Program Banyuwangi Cerdas (PBC) begitu berbinar ketika bertemu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Mereka dengan semangat menceritakan semua kebanggaannya karena bisa meraih pendidikan yang tinggi.

Pagi itu, Rabu (30/7) di Pendopo Kabupaten digelar Halal Bihalal Bupati Banyuwangi dengan diaspora (perantau, red) asal Banyuwangi. Menariknya, bukan hanya para pekerja dan profesional yang hadir, namun dari sekian undangan ada sekitar 200 mahasiswa PBC duduk di deretan kursi undangan. Mereka sengaja diundang khusus Bupati Anas untuk berbagi kegembiraan dan menikmati jamuan khas lebaran ala Banyuwangi.

Di hadapan ratusan diaspora, Bupati Anas mengenalkan para  penerima beasiswa cerdas ini. Mereka adalah putra-putri pilihan yang bisa mengenyam pendidikan perguruan tinggi negeri meski dari keluarga yang kurang mampu.

“Anak-anak ini adalah duta daerah yang diharapkan menginspirasi lingkungannya bahwa Pemkab terus mendorong semua warganya bisa mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. Kami di sini bertekad menjamin pendidikan semua warga. Education for all, apalagi yang berprestasi,” terang Bupati.

Beasiswa Banyuwangi Cerdas adalah program inisiasi Pemkab Banyuwangi dengan memberikan beasiswa bagi siswa dari keluarg kurang mampu namun berprestasi. Sejak diluncurkan dari tahun 2011, terdapat 200 mahasiswa penerimanya. Mereka dijamin uang sekolah, dan diberikan biaya hidup Rp 400 ribu /bulan selama menempuh pendidikan. Selain itu, pemkab juga memberikan beasiswa bagi anak yatim piatu dan difabel untuk bisa melanjutkan sekolah hingga perguruan tinggi.

Selain beramah tamah, Bupati Anas juga memberikan kesempatan mahasiswa PBC ini untuk menyampaikan gagasan, dan harapannya kepada pemerintah.  Kesempatan itu digunakan sebaik-baiknya oleh Anafimatul Rohmah, mahasiswa Fakultas Tarbiyah, STAIN Jember.  Bagi mahasiswi asal Desa Sidorejo, Purwoharjo, dengan menjadi mahasiswa PBC dirinya menjadi kebanggaan keluarganya dan masyarakat desanya.

“Ketika dapat beasiswa ini, keluarga kami bangga dan bahagia sekali Pak. Ini membuktikan kepada warga desa kami, bahwa pemkab memberikan kesempatan warganya untuk mengejar cita-citanya. Sesuatu yang dulu terlihat susah diraih karena keterbatasan ekonomi, namun kini semua menjadi mungkin,” kata Fatimatul dengan semangat.

Sementara itu, Ahmad Rizki Andi, mahasiswa Fakultas Sosial Politik Universitas Jember (Unej), mengungkapkan bahwa jumlah penerima beasiswa Banyuwangi Cerdas ini sudah melebihi dibandingkan beasiswa Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud.

“Sekali lagi kami hanya bisa mengucapkan terima kasih yang tak terhingga ya Pak. Khusus buat saya ini adalah berkah. Tidak terbayang saya bisa kuliah di universitas negeri. Sebagai balasannya, kami bersama-sama teman-teman siap menyedekahkan ilmu kami dan berkontribusi,” kata Rizky anak buruh tani ini.

Selain menyatakan kebanggannya, Rizky juga curhat kepada orang di nomor satu di Banyuwangi ini. “Kami tahu banyak sekali yang ditangani pemerintah, hanya saja kami berharap uang bantuan tidak terlambat ya Pak,” seloroh Rizky.

Menanggapi curhatan Rizky, Bupati Anas dengan tegas berjanji tidak akan lagi ada keterlambatan biaya bagi mahasiswa PBC ini. “Saya perintahkan jajaran pendidikan menjamin ketepatan pencairannya agar kalian tidak terlambat menerimanya. Saya juga minta kalian tetap jaga kekompakan dan terus berkomunikasi intens dengan saya.  Kalian bisa menyampaikan segala aspirasi dan gagasan kepada pemerintah,” pungkas Bupati Anas. (Humas protokol-banyuwangikab.go.id)

Categorised in: , ,

No comment for Ketika Mahasiswa Banyuwangi Cerdas Halal bihalal dengan Bupati Anas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*