Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Kemenag Gelar Nikah Gratis di Mall Pelayanan Publik

Kemenag Gelar Nikah Gratis di Mall Pelayanan Publik

(117 Views) November 2, 2017 11:58 pm | Published by | No comment

Salah satu pasangan menikah di Mall Pelayanan Publik

Banyuwangi, Memorandum – Hari pertama masuk Mall Pelayanan Publik, Kementrian Agama (Kemenag) Banyuwangi maksimalkan pelayanan terhadap masyarakat dengan pelayanan pernikahan gratis, Kamis (2/11).
“Karena selama ini semua instansi di Banyuwangi sudah mengawali membuka pelayanan. Dan mulai hari ini Kemenag Banyuwangi turut serta berpartisipasi memberikan pelayanan maksimal terhadap masyarakat dengan menggelar pernikahan saat launching hari pertama memasuki Mall Pelayanan Publik,” kata Kasie Haji dan Umroh Kemenag Banyuwangi, H. Mukhlis saat mengawasi prosesi pernikahan.
Adanya Mall Pelayanan Publik ini, sebetulnya bergantung permintaan dari masyarakat. Selama masyarakat merasa diuntungkan dan memudahkan masyarakat melakukan proses pelayanan di Mall Pelayanan Publik, semaksimal mungkin instansi terkait juga dituntut memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
Seperti saat launching Kemenag ini misalnya, lanjut Mukhlis, di hari pertama ada 5 pasangan yang mendaftar sekaligus melaksanakan pernikahan di Mall Pelayanan Publik tanpa dipungut biaya. Inovasi ini dirasa turut membantu dan memudahkan masyarakat. Meski pernikahan dilaksanakan terbuka di Mall Pelayanan Publik dengan dihadiri penghulu, wali, dan sejumlah saksi untuk mengesahkan pasangan yang menikah. Prosesi akad nikah tetap berjalan lancar tanpa mengurangi khidmat dari prosesi sakral tersebut.
Dengan harapan, salah satu contoh inovasi dari Kemenag ini bisa sesuai serta dapat memberikan peningkatan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Banyuwangi, harap Mukhlis.
Pelayanan yang diberikan Kemenag Banyuwangi di dalam Mall Pelayanan Publik tidak hanya soal pernikahan saja. Ada yang lainnya yakni, informasi haji, konsultasi keagamaan, konsultasi rumah tangga, wakaf, arah kiblat,  zakat, produk halal, konsultasi madrasah dan pondok pesantren, imbuhnya.
Sementara itu, Fajar Arif Budiarto (26) warga asal Desa Kaligondo Kecamatan Genteng usai melakukan akad nikahnya dihadapan penghulu bersama pasangannya yakni Lolita Anggraeni (19) warga asal Kelurahan Karangrejo Kecamatan Banyuwangi ini mengaku,  sangat terbantu sekali dengan adanya inovasi yang dimunculkan oleh Kemenag Banyuwangi.
Selain tempatnya terjangkau cukup dekat dengan rumah, juga terbantu dari segi pelayanan serta biayanya gratis. Karena biasanya, nikah melalui KUA atau menghadirkan penghulu di tempat akad nikah, biayanya sekitar Rp. 600 ribu.
Jadi, masyarakat jelas akan senang dan merasa terbantu sekali. Selain itu, nikah di Mall Pelayanan Publik merupakan cerita yang unik yang kelak bisa diceritakan kepada anak cucu, pungkas Fajar. (fat)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in: , ,

No comment for Kemenag Gelar Nikah Gratis di Mall Pelayanan Publik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*