Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Kajati Jatim Perintahkan Sidang Dimulai Pukul 09.00

Kajati Jatim Perintahkan Sidang Dimulai Pukul 09.00

(400 Views) October 4, 2016 4:25 pm | Published by | No comment
kajati-jatim-maruli-hutangalung-saat-mengunjungi-kejaksaan-negeri-banyuwangi

Kajati Jatim Maruli Hutangalung saat mengunjungi Kejaksaan Negeri Banyuwangi

Banyuwangi, Memorandum – Pelaksanaan sidang yang rata-rata baru dimulai setelah jam istirahat siang menjadi perintah khusus Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Maruli Hutagalung dalam kunjungannya beberapa hari lalu. Maruli memerintahkan Jaksa di Kejaksaan Negeri Banyuwangi dapat melaksanakan sidang lebih awal.

Informasi yang berhasil dihimpun Memorandum, ada dua hal yang menjadi atensi Maruli Hutagalung untuk dilakukan personil Kejaksaan Negeri Banyuwangi. Pertama berkaitan tuntutan dalam perkara Narkoba dan pencabulan anak dibawah umur dan yang kedua adalah pelaksanaan sidang harus dilakukan mulai pukul 09.00 WIB.

Bahkan dalam kunjungannya itu, Maruli Hutagalung sempat mengundang secara khusus Ketua Pengadilan Negeri Banyuwangi, Timur Pradoko, untuk melakukan pertemuan. Diduga pertemuan itu untuk membahas pelaksanaan sidang perkara Pidana yang selama ini biasanya baru dimulai sekitar pukul 13.00 WIB.

Hasil pantauan Memorandum, untuk poin pertama tidak banyak mendapatkan respon dari kalangan Jaksa. Berbeda dengan poin kedua. Banyak Jaksa yang mengeluarkan komentar kurang sepakat dengan kebijakan tersebut. Sebab pagi hari mereka masih harus menerima pelimpahan perkara dari Kepolisian.

Dikonfirmasi mengenai informasi tersebut, Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri Banyuwangi Budi Hartono membenarkan adanya perintah tersebut. Pihaknya mengaku belum bisa memastikan mulai kapan pelaksanaan sidang jam 09.00 WIB bisa dilaksanakan. “Masih akan kita rapatkan,” kata Jaksa asal Pamekasan itu dengan singkat.

Mengenai perintah memberikan tuntutan maksimal untuk kasus narkoba dan pencabulan anak di bawah umur menurutnya sudah ada aturan yang menjadi pijakan bagi jaksa dalam membuat rencana tuntutan. “Kalau masalah ini kan sudah ada tolak ukurnya,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Humas Pengadilan Negeri Banyuwangi, Heru Setiyadi menegaskan pihak Pengadilan Negeri Banyuwangi menyambut baik rencana sidang pukul 09.00 WIB. Menurutnya, seluruh majelis hakim sangat siap dan mendukung penuh. Sebab jika dilaksanakan lebih awal tentu akan lebih efektif dan efisien khususnya masalah waktu.

Pria yang akrab dipanggil Heru ini menegaskan, selama ini pihaknya seringkali mendapatkan keluhan dari pengunjung sidang maupun saksi karena pelaksanaan sidang pidana yang molor. Menyikapi keluhan itu, pihaknya hanya bisa meminta maaf karena kelengkapan sidang masih belum lengkap. “Kalau kami (majelis Hakim ) sudah siap tapi tahanannya tidak ada, sidang tidak bisa dimulai,” jelasnya.

Tidak hanya itu saja, pihaknya bahkan pernah menerima keluhan dari  seorang saksi. Dia mengaku sudah datang sejak pagi namun hingga siang tak kunjung mendapatkan panggilan sidang. Saksi itu mengeluh harus libur kerja untuk datang ke Pengadilan. Sehingga hari itu saksi itu harus kehilangan uang untuk nafkah keluarganya. “Kalau sudah seperti ini kan kasihan,” tandasnya.(jai)

Sumber | Koran Harian Memorandum | www.skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Kajati Jatim Perintahkan Sidang Dimulai Pukul 09.00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*