Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Jelang Puasa, Tarif Penyebrangan Ketapang-Gilimanuk Naik

Jelang Puasa, Tarif Penyebrangan Ketapang-Gilimanuk Naik

(212 Views) May 11, 2017 10:26 pm | Published by | No comment

Pihak terkait melakukan koordinasi terkait rencana kenaikan tarif penyeberangan

Banyuwangi, Memorandum – Ini kabar kurang menyenangkan bagi pengguna jasa penyeberangan. Menjelang datangnya bulan Ramadhan ini, pemerintah menaikkan tarif penyeberangan di sejumlah wilayah, termasuk di Pelabuhan penyeberangan Ketapang – Gilimanuk. Besaran kenaikan rata-rata mencapai 10 persen dari tarif sebelumnya.

Rencananya pemerintah akan mulai menerapkan kenaikan tarif penyebarangan itu pada 15 Mei mendatang. Tarif baru akan resmi berlaku tepat pukul 00.00 WIB. Pemerintah sudah mulai mensosialisasikan kepada praktisi penyeberangan di ruang pertemuan Pelabuhan Ketapang Rabu (10/5). “Kenaikan tarif ini merupakan usulan dari Gapasdap (gabungan pengusaha angkutan sungai dan penyeberangan),” jelas Zulmardi, Kepala Direktorat Multimoda Kementerian Perhubungan

Dijelaskannya, Gapasdap mengusulkan kenaikan tariff kepada menteri perhubungan pada  Januari lalu. Sehingga kenaikan ini sudah melalui tahapan yang cukup panjang. Menurutnya, belakangan ini, memang banyak beban biaya yang meningkat. Apalagi sebelumnya pada periode 2015 hingga 2016 terjadi penurunan tariff hingga 3 kali akibat penurunan bahan bakar minyak.

Jika diakumulasi, lanjut Zulmardi, penurunan tariff sebanyak 3 kali yang dilakukan pada periode 2015-2016 mencapai 12 persen lebih. Menurutnya, penyesuaian ini untuk menutupi kebutuhan akibat penurunan tariff sebelumnya. “Sehingga perlu adanya penyesuaian tariff,” tegasnya.

Mengenai waktu kenaikan tariff yang mendekati puasa dan lebaran, Zulmardi hal itu secara kebetulan saja terjadi. Sebab sejak pengusulan tarif diajukan Gapasdap, pihak Kementerian melakukan berbagai tahapan termasuk meminta persetujuan dari Kemenkumham. “Masalah waktunya mendekati lebaran itu sudah akumulasi waktu yang ada karena ini sudah melalu tahapan yang panjang,” ungkapnya.

Zulmardi menyatakan, penyesuaian tariff ini tentunya memiliki konsekuensi logis.  Menurutnya pihak Gapasdap sudah berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan. Dari pihak pelabuhan juga terus berbenah sudah melakukan perbaikan dan penambahan investasi untuk meningkatkan layanan. “Untuk itu dengan sosialisasi ini masyarakat bisa mendapatkan pemahaman yang baik sehingga kenaikan berjalan dengan lancar,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama Manager PT. ASDP Ketapang, Elvi Yosa menyatakan pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan dan sosialisasi terkait kenaikan tariff ini. Sosialisasi telah dilakukan melalui spanduk dan selebaran. “Kami juga sudah koordinasi dengan seluruh praktisi pelayaran,” ujarnya.(jai)

Sumber | Surat Kabar Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Jelang Puasa, Tarif Penyebrangan Ketapang-Gilimanuk Naik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*