Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BANYUWANGI FESTIVAL » Festival Gandrung Sewu ini merupakan perwujudan Budayawan, Seniman, Pemerintah dan Masyarakat

Festival Gandrung Sewu ini merupakan perwujudan Budayawan, Seniman, Pemerintah dan Masyarakat

(166 Views) October 9, 2017 12:20 pm | Published by | No comment

Gandrung merupakan icon Pariwisata dari Kota yang berjuluk sun rise of java yaitu Banyuwangi ini, pada Minggu (8/10/2017) kembali digelar dengan adanya Festival Gandrung Sewu yang di selenggarakan di bibir Pantai Marina Boom Banyuwangi.

Tari Gandrung merupakan agenda tahunan yang terus berupaya mengangkat pariwisata Banyuwangi lebih dikenal oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara, tari gandrung kali ini sangat populer sejak tarian khas kota Banyuwangi ini ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda, Oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kali ini Gandrung Sewu 2017 dikemas secara spektakuler dengan membawakan sebuah tema “Kembang Pepe”, yang diikuti penari dari pelajar dan mahasiswa terpilih se-Kabupaten Banyuwangi.

Atraksi budaya yang diikuti lebih dari seribu penari ini dengan berbusana gandrung akan menyajikan bentuk bentuk formasi formasi yang aktraktif dan menarik dengan diiringi berbagai alunan musik khas Banyuwangi serta dimanjakan oleh view selat Bali dari Pantai Marina Boom Banyuwangi.

Adapun untuk menjadi peserta penari Gandrung Sewu tidak mudah bagi peserta untuk mengikutinya, namun untuk menjadi peserta Gandrung Sewu  terdapat beberapa seleksi seleksi khusus yang benar benar seorang penari pilihan yang dipilih oleh pelatih tari di Banyuwangi, proses penyeleksiannya sejak kurang lebih satu setengah bulan sebelum event gandrung sewu ini digelar. Ungkap Plt Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata, MY Bramuda.

Event Gandrung Sewu ini dibuka dengan pelepasan 1.000 ekor penyu yang dilepas langsung bersama Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dan sejumlah peserta Gandrung Sewu, yang merupakan simbol konservasi seluruh di wilayah Banyuwangi.

Dalam pagelaran Gandrung Sewu yang memasuki tahun ke 6 ini selain dihadiri pengunjung, Festival Gandrung Sewu juga dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara, Esthy Reko Astuti, istri Presiden Keempat RI, Ibu Sinta Nuriyah Wahid, dan beberapa tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Anas mengungkapkan, Gandrung Sewu merupakan daya tarik dari pariwisata di Kabupaten Banyuwangi, selain itu Festival Gandrung Sewu ini merupakan perwujudan dari kerjasama yang baik dari berbagai elemen mulai dari Budayawan, Seniman, Pemerintah dan Masyarakat. Ungkapnya. (Roh*)

 

Categorised in:

No comment for Festival Gandrung Sewu ini merupakan perwujudan Budayawan, Seniman, Pemerintah dan Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*