Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PENDIDIKAN » Eksekutif Harus Memahami Kebutuhan Administrasi DPRD

Eksekutif Harus Memahami Kebutuhan Administrasi DPRD

(167 Views) July 17, 2017 1:49 pm | Published by | No comment

Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko dihadapan rapat paripurna DPRD

Banyuwangi, Memorandum – Eksekutif secara normatif memahami materi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD, karena telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 2017. Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Banyuwangi saat memberikan tanggapan atas  3 (tiga ) Rapeda Usulan dewan dalam rapat paripurna, Jum’at (14/07/2014 )  lalu.
“ Raperda HakKeuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD, secara normatif telah sesuai dngan PP. No 18 tahun 2017, namun demi kesempurnaan eksekutif menambahkan beberapa ketentuan Dasar Hukum “ jelas Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko dihadapan rapat paripurna DPRD.
Namun untuk kesempurnaan Raperda, eksekutif menambahkan beberapa dasar hukum, antara lain, Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 21 tahun 2011 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.
Permendagri No. 21 tahun 2007, tentang Pengelompokan Kemampuan Keuangan Daerah, Penganggaran dan Pertanggungjawaban Pengunaan Belanja Penunjang Operasional Pimpinan DPRD, serta Tata Cara Pengembalian unjanagn Komunikasi Intensif dan Dana Operasional.
Pasal 22 PP. No 18 tahun 2017 disebutkan, Pimpinan dan Anggota DPRD, selain gaji pokok, akan mendapatkan tambahan besaran tunjangan, yang meliputi uang representatif, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan dan tunjangan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).
Mengacu pada Peraturan Pemerintah tersebut, uang representatif yang diterima Ketua DPRD setara dengan Gaji Pokok Kepala Daerah. Sedangkan untuk wakil Ketua DPRD,uang representatif yang akan diterima sebesar 80 dan 75 persen dari Ketua DPRD.
Selain itu, Pimpinan DPRD juga akan menerima dana operasional, maksimal sebesar 6 (enam) kali dari uang representatif yang diterima. Sedangkan Wakil Ketua DPRD dana operasionalnya sebesar 4 (empat) kali uang representatif.
Selebihnya, anggota DPRD juga akan menerima tunjangan dari AKD. Tunjangan tersebut diberikan kepada anggota dewan yang duduk sebagai Ketua maupun anggota di Badan Anggaran, Badan Kehormatan, Badan Musyawarah, Badan Pembentukan Peraturan Daerah dan Komisi-Komisi. (ydi)

Sumber | Surat Kabar Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Eksekutif Harus Memahami Kebutuhan Administrasi DPRD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*