February 23, 2018

Dulur Isun : Drs Amroni, MH

Tanggung Jawab Dunia Akherat

drs-amroni-mh-dulur-isun

Drs Amroni, MH

Banyuwangi, Memorandum – Terlepas dari kasus dan permasalahan hukum yang diperkarakan di Pengadilan, keputusan yang dijatuhkan seorang hakim pengadilan tentu akan dapat merubah nasib dan kondisi seseorang yang diadili. Karena itu, beban tanggung jawab yang harus dipikul seorang Hakim Pengadilan merupakan tanggung jawab dunia akherat.

Lantas, bagaimana sisi psikologis seorang hakim ketika akan memutuskan sebuah perkara?. “Harus yakin, bahwa keputusan yang diambil itu adalah keputusan yang benar,” ungkap Hakim Pengadilan Agama (PA) Banyuwangi, Drs Amroni, MH., ketika disinggung tentang beban moral seorang Hakim dalam memutuskan sebuah perkara.

Menurutnya, saat-saat menjelang pengambilan keputusan sebuah perkara, merupakan ‘fase’ terpenting dalam sebuah proses hukum. Karena itu, keputusan yang akan dijatuhkan seorang hakim harus benar-benar diyakini kebenarannya, dan berdasarkan koridor hukum dan peraturan-peraturan yang berlaku.

“Kita harus mampu menyingkirkan pemikiran dan pertimbangan-pertimbangan pribadi. Pegangan kita adalah koridor dan peraturan hukum yang berlaku. Dan kita harus benar-benar yakin bahwa keputusan hukum yang kita jatuhkan, adalah keputusan yang benar,” kata Amroni, yang pertamakali bertugas sebagai hakim PA di Maluku Utara pada tahun 1999. (bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

banner 468x60