Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » DULUR ISUN » Dulur Isun : Agus Hermawan

Dulur Isun : Agus Hermawan

(226 Views) March 14, 2017 5:44 pm | Published by | No comment

Lindungi Masyarakat Adat

Agus Hermawan

Kemajuan yang berhasil diraih Kabupaten Banyuwangi dalam beberapa tahun terakhir, sudah mulai bisa dinikmati oleh komunitas masyarakat adat (MA) Osing. Namun demikian, kemajuan itu ternyata belum menyentuh pada sendi-sendi kehidupan  warga asli Banyuwangi tersebut. “Karena masyarakat adat Osing itu tidak hanya hidup untuk 1 atau 7 hari ritual saja, tetapi hidup untuk 365 hari. Itu yang seharusnya mendapat perhatian semua pihak, khususnya pemerintah sebagai fasilitator,” ungkap Agus Hermawan, wong Osing yang tinggal di Dusun Kejoyo, Desa Tambong, Kecamatan Kabat, ini.

Lebih jauh, Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nasional (AMAN) Daerah Banyuwangi itu menjelaskan, banyak hal yang menjadi permasalahan masyarakat adat yang belum mendapat perhatian, seperti keterancaman wilayah adat, dimana terkadang komunitas masyarakat adat kurang dilibatkan dalam penyusunan program pembangunan.

Kita berharap, Perda tentang Perlindungan Budaya dan Adat-istiadat yang tengah diselesaikan oleh Lembaga Legislatif dan Pemerintah Daerah, akan menjadi pintu masuk untuk melakukan perlindungan kepada masyarakat adat itu sendiri,” kata pria kelahiran 3 Juli 1979, yang sejak tahun 2015 lalu memangku jabatan sebagai Ketua AMAN Daerah Banyuwangi. Muga-muga byain Kang ..!! (bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Dulur Isun : Agus Hermawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*