Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » DKP Janji Kurangi Pasokan Sampah di TPA Wringin Agung

DKP Janji Kurangi Pasokan Sampah di TPA Wringin Agung

(647 Views) January 5, 2016 10:31 am | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Drs. Arif Setiawan, MM, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Banyuwangi angkat bicara soal keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Dusun Sumber rejo, Desa Wringin Agung, Kecamatan Gambiran.

DKP Banyuwangi

Drs. H. Arif Setiawan, MM, Kepala DKP

Kedinasan, DKP berdalih sudah melakukan langkah intensif untuk mengurangi intensitas bau busuk sampah di TPA-S tersebut. Meskipun diyakininya bahwa setiap tempat pembuangan sampah (TPS) memang selalu menimbulkan kesenjangan sosial yang tidak diinginkan. “Kami terus berupaya untuk mengurangi bau dengan melakukan penyemprotan desinfektan maupun mengurangi kapasitas sampah,” tegasnya.

Arief juga menjelaskan, pihaknya juga memberikan langkah untuk meminimalisir terjadinya penumpukan sampah di TPA. Diantaranya dengan melakukan pengurukan dengan tanah, dan mengolah sejumlah sampah. “Upayanya kedepan melokalisir dengan mengantisipasi serta meningkatkan kapasitas TPA itu,” katanya

TPA sampah itu, adalah kiriman dari sejumlah pasar di wilayah selatan, mulai pasar Jajag, Gambiran dan Srono. “Mungkin kedepan hanya Gambiran yang akan dibuang di TPA ini,” terangnya

Khusus untuk TPA di Wringi Agung kata Arief, ini akan menjadi standart dan SOP bagi DKP untuk diberikan perhatian. “Kalau bau kami telah melakukan kontrolentil, atau menutup dengan tanah,” jelasnya.

Hingga saat ini problem sampah yang ada di Kabupaten Banyuwangi yaitu terbatasnya Tempat Pembuangan Akhir sampah. Pasalnya saat ini hanya terdapat dua TPA yang menjadi pusat pembuangan sampah dari masyarakat. Diantaranya, TPA Bulusan, Kecamatan Kalipuro dan TPA Wringin Agung, Kecamatan Gambiran. “Kalau yang resmi hingga saat ini hanya satu yaitu TPA Bulusan,” katanya.

Sampah DKP Banyuwangi

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Dusun Sumber rejo, Desa Wringin Agung, Kecamatan Gambiran.

Ironisnya, TPA Bulusan diprioritaskan untuk menampung 13 kecamatan. Sementara di TPA Gambiran hanya satu prioritas pembuangan sampah kecamatan setempat saja. Sedang sisanya 10 kecamatan lagi, masih diprogramkan arah pembuangan sampahnya.

Sebelumnya, permasalah sampah ini muncul setelah sejumlah warga Dusun Sumber Rejo, Desa Wringin Agung, Kecamatan gambiran yang mengeluh adanya bau tak sedap berasal dari tumpukan sampah di TPA setempat. Mereka menginginkan agar ada tindak lanjut mengenai TPA tersebut lantaran telah membuat warga resah. Tidak hanya itu, munculnya sejumlah lalat dikhawatirkan akan mengakibatkan timbulnya sejumlah penyakit. (ndy)

Sumber : Memorandum

Categorised in:

No comment for DKP Janji Kurangi Pasokan Sampah di TPA Wringin Agung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*