February 17, 2018

Djaduk ‘Kua Etnika’ feat Tri Utami Berasa Ngejazz Banget di Banyuwangi

BANYUWANGI –  Konser Banyuwangi Beach Jazz Festival yang bakal digelar di Pantai Boom, Sabtu (6/12), dipastikan bakal memukau dan semarak. Satu persatu artis dan musisi yang akan tampil telah tiba di Banyuwangi.

Trie Utami feat Kua Etnika dibawah komando Djaduk Ferianto sudah berada di Kota Gandrung, sejak Rabu (3/12). Bersama 17 personilnya, para musisi etnik ini melakukan  latihan pementasan di Pelinggihan Dinas Pariwisata bersama seniman rebana, jidor dan penabuh kendang Banyuwangi. Meski masih tahap latihan, luar biasa magnet yang ditimbulkan dari kolaborasi musik ini, antara jazz, etnik jidor dan rebana menyatu sangat cantik.

“Temen-temen Banyuwangi ini sangat ngejazz banget, lebih ngejazz dari temen-temen Jakarta. Ini benar-benar riil, jazz riil. Kalau mau lihat jazz yang sesungguhnya, ya ini,” kata musisi asal Yogyakarta ini.

Djaduk dkk tidak hanya takjub dengan semangat musisi lokal Banyuwangi, tetapi juga sangat terinspirasi oleh musik khas Banyuwangi. “Kekuatan kita ini pada irama. Irama itu ritme, dan ritme Banyuwangi luar biasa. Banyuwangi ini salah satu daerah yang punya aset luar biasa. Banyuwangi telah memberikan kontribusi irama musik di Indonesia,” kata Djaduk penuh semangat.

Sementara Tri Utami  yang menjadi vokal utama grup Kua Etnika, juga menunjukkan totalitas di setiap latihannya, bahkan saat memegang mic, artis yang melejit dengan hits ‘Kau Datang ‘ bersama band Krakatau ini terlihat sangat fasih menyinden Using. Lagu ‘Impen-impenen’ terlantun mendayu saat dinyanyikan Iie, saapan Trie Utami.

Djaduk di konser jazz nanti bakal menyuguhkan lima komposisi lagu. Dan menjadi musik opening yang berkolaborasi dengan 70 wiyogo lokal arahan Sayun Susiyanto. Dalam opening nanti akan ada perpaduan apik rebana, jidor dan musik perkusi dengan durasi sekitar 15 menit.

Konser yang merupakan rangkaian kegiatan Banyuwangi Festival ini juga akan menampilkan Kahitna, Tohpati and Friends, dan akan dipandu MC kondang  Cak Lontong dan Insan Nur Akbar. (Humas & Protokol)

banner 468x60