Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Disbun Jatim Dukung Revisi Perda Tanaman Kelapa

Disbun Jatim Dukung Revisi Perda Tanaman Kelapa

(220 Views) July 19, 2017 3:50 pm | Published by | No comment

Siti Mafrochatin Ni’mah, S.Pd. MM.

Banyuwangi, Memorandum – Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur mendukung langkah DPRD Kabupaten Banyuwangi melakukan revisi terhadah regulasi daerah yang mengatur tentang perlindungan tanaman kelapa di Kabupaten Banyuwangi.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Pansus Raperda Perubahan  Perda No. 8 tahun 1973 tentang Perlindungan Tanaman Kelapa, Hj. Siti Mafrochatin Ni’mah, S.Pd. MM.

Dikatakannya, dari hasil konsultasi yang dilakukan pihaknya terkait dengan pembahasan perubahan Perda Perlindungan Tanaman Kelapa, mendapat dukungan Disbun Jatim. Meraka beralasan tanaman kelapa di Banyuwangi merupakan varietas unggul yang perlu di jaga dari kerusakan.

“ Tanaman kelapa di Banyuwangi salah satu komoditas unggulan dan bibit unggul yang mendapatkan verifikasi dan sertifikasi dari kementerian Pertanian, sehingg perlu dijaga dengan regulasi daerah “ jelasnya.

Kementerian Pertanian telah melakukan verifikasi terhadap 1750 tanaman kelapa di daerah Gombengsari Kecamatan Kalipuro dan Desa Pondoknongko Kecamatan Kabat, yang merupakan sentra bibit unggul tanaman kelapa, yang tidak ditemukan pada daerah lain.

“ Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur, mendesak Pemerintah kabupaten Banyuwangi untuk memberikan ID terhadap tanaman kelapa di daerah Gombengsari dan Pondoknongko,karena jenisnya tidak ditemukan pada daerah lain “ ucap Politisi Perempuan PKB ini.

Selanjutnya berdasar pada hasilkonsultasi tersebut, pembahasan prubahan Perda perlindungan Tanaman kelapa, tidak hanya terfokus pada kerusakan tanaman kelapa yang diakibatkan oleh ulah manusia, seperti pencurian janur, namun juga terkait dengan pengendalian hama dan penyakit utama tanaman kelapa.

Dalam Raperda Perubahan Perda Tanaman kelapa yang saat ini tengah dibahas, ada ketentuan yang tegas bagi yang melanggar. Yang sebelumnya hanya diancam kurungan selama 3 (tiga) bulan, dalam perubahan Perda menjadi 6 (enam) bulan atau denda sebesar Rp. 50 Juta. (ydi)

Sumber | Surat Kabar Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Disbun Jatim Dukung Revisi Perda Tanaman Kelapa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*