Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Dinas Pertanian Cegah Alih Fungsi Lahan

Dinas Pertanian Cegah Alih Fungsi Lahan

(310 Views) March 13, 2017 9:00 am | Published by | No comment

H. Arief Setiawan

Banyuwangi, Memorandum – Pemkab Banyuwangi melalui Dinas Pertanian, segera memetakan kawasan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B), guna mencegah alih fungsi lahan untuk pemukiman atau industri

Kepala Dinas Pertanian, H. Arief Setiawan mengatakan, saat ini pihaknya bekerja sama dengan CITRA SATELIT TENGAH melakukan maping lahan yang akan dijadikan titik LP2B seluas 66.693 Hektar. Sedangkan regulasi  daerah tentang LP2B, sudah dibahas dalam Propemperda tahun 2017.

“ Sekarang ini, kita sudah maping terkait dengan LP2B seluas 66.693 Hektar” ucap H. Arief Setiawan saat dikonfirmasi Memorandum, Minggu (12/03).

Lahan pertanian yang masuk kawasan LP2B, nantinya akan dilindung oleh Undang-Undang dan Peraturan Daerah. Pemerintah Daerah masih merumuskan tentang konsekuensi lahan yang sudah ditetapkan sebagai lahan pertanian pangan berkelanjutan.

Sementara pembahasan Raperda  Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, untuk sementara waktu tidak dilanjutkan oleh Pansus DPRD Banyuwangi. “Kita butuh pemetaan yang jelas di setiap wilayah,biar lebih akurat dan Perdanya berbobot” ungkap Andik Purwanto anggota Pansus Raperda Perlindungan LP2B,DPRD Banyuwangi.

Pembahasan Raperda Perlindungan LP2B dibutuhkan kehati-hatian,agar tidak timbul persoalan dikemudian hari. Karena jika Raperda LP2B disahkan menjadi Perda, lahan sawah yang telah masuk kawasan LP2B,tidak boleh di alih fungsikan selama 20 (dua puluh) tahun, dan ditinjau kembali dalam kurun waktu 5 (lima) tahun sekali,bila melanggar pemilik lahan akan terkena sanksi. (ydi/coi)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Dinas Pertanian Cegah Alih Fungsi Lahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*