Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » KRIMINAL » Dinas Lingkungan Hidup; Sungai Sampean Baru Positif Tercemar Limbah Pabrik Gula

Dinas Lingkungan Hidup; Sungai Sampean Baru Positif Tercemar Limbah Pabrik Gula

(387 Views) January 6, 2017 1:33 pm | Published by | No comment

– Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi, Dra Chusnul Khotimah, M.Si. (Memorandum – Eko Budi Setianto)

Banyuwangi, Memorandum  – Berdasarkan hasil dari uji laboratorium yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuwangi, bahwa kondisi air sungai Sampean Baru beserta jaringan tersiernya saat ni berada diambang standar baku mutu yang ditetapkan pemerintah. Artinya, Sungai Sampean Baru positif mengalami pencemaran yang disebabkan oleh limbah buangan pabrik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Drs Chusnul Khotimah. M.Si., menyatakan, pihaknya telah beberapa kali melakukan uji laboratorium kondisi air sungai, yang sampel airnya juga diambil dari titik terjauh dari lokasi pabrik. Hasilnya, air sungai tersebut positif telah tercemar limbah.

“Sejak pabrik Gula Glenmore dioperasikan, sampai saat ini kita sudah lima kali mengambil sampel dan melakukan uji laboratorium. Hasilnya, positif terjadi pecemaran limbah,” jelas Chusnul, diruang kerjanya, Kamis (5/1) kemarin.

Berdasarkan hasil uji laboratorium, dijelaskan bahwa kandungan yang ada dalam larutan air sungai, diantaranya; oksigen yang ada dalam air atau Biological Oxygen Demand (BOD), bahan kimia yang larut dalam air atau Chemical Oxygen Demand (COD), tingkat kekeruhan air atau Total Suspended Solid (TSS) serta minyak dan lemak yang larut dalam air (M & L) dan bau air yang cenderung menyengat atau Hydro Sulfida (H2S), semuanya berada diatas ambang baku mutu.

“Sampel yang kita ambil, mulai dari outlet atau pintu keluar terakhir setelah diproses dalam Ipal hingga titik terjauh, yakni di lokasi ditemukannya ikan-ikan yang mati. Semua menunjukkan kondisi air berada diambang standar baku mutu dan membahayakan. Kita sudah lima kali melakukan uji lab. Semua hasil uji Lab sudah kita buatkan berita acaranya. Bahkan hasil yang terakhir, berita acaranya sudah kita tanda-tangani bersama dengan Manajer Opersional PI IGG,” jelasnya.

Atas dasar itulah, lanjut Chusnul, sampai saat ini Dinas Lingkungan Hidup belum mengeluarkan sirat Ijin Pelepasan Limbah Cair (IPLC) kepada PT IGG. “Jadi, sampai sekarang ini PT IGG masih belum mengantongi IPLC. Itu kuncinya,” ungkap Chusnul. (bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in: ,

No comment for Dinas Lingkungan Hidup; Sungai Sampean Baru Positif Tercemar Limbah Pabrik Gula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*