Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BANYUWANGI FESTIVAL » Desa Gintangan Gelar ‘Festival Bambu’

Desa Gintangan Gelar ‘Festival Bambu’

(198 Views) May 10, 2017 11:14 pm | Published by | No comment

– Kades Gintangan, Rusdianah, A.Ma.Pd dan salah satu rancangan busana bambu terbaiknya. (Memorandum – Fattahur)

Banyuwangi, Memorandum – Usung nuansa klasik, gelaran festival bambu di Desa Gintangan Kecamatan Blimbingsari yang akan digelar 12-13 Mei 2017 sudah siap 80 persen.

Kepala Desa Gintangan, Rusdianah, A.Ma.Pd., mengatakan, gelaran festival bambu yang akan digelar 12-13 Mei 2017 mendatang akan mengusung tema klasik.

Menurutnya, festival ini untuk pertamanya ini digelar. Dijelaskan, setelah membentuk panitia penyelenggara, tim kreatif serta rekomendasi dari Bupati Banyuwangi, Desa Gintangan yang terkenal akan kerajinan bambu ini masuk dalam agenda Banyuwangi Festival (B-Fest) dengan tujuan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat serta minat masyarakat akan kerajinan. “Karena kerajinan bambu ini, selain merupakan potensi desa juga sebagai sandang pangan  warga Desa Gintangan,” kata Kades.

Gelaran kali ini sengaja dipilih nuansa klasik berdasar ide kreatif dari para warga dan pengrajin yang membuat kerajinan bambu dan pilihan bambu yang mengandung unsur klasik, tambahnya.

Sejauh ini, lanjut Kades, persiapannya sudah mencapai 80 persen, beberapa paglak dan kerajinan bambu andalan sudah mulai tertata di Kantor Desa dan di sekitar ruas jalan Desa Gintangan. Nantinya, di hari pertama dalam gelaran tersebut akan ada pameran bazar dan kuliner cimplung sawi serta gendoan ala santri yang merupakan kuliner khas Desa Gintangan.

Pada hari berikutnya, akan ada kegiatan nganyam bareng warga Desa Gintangan yang diikuti ribuan peserta dari tingkat pelajar dan umum serta menampilkan beberapa kesenian khas seperti tek-tek, tari-tarian dan barong disusul dengan pertunjukan gala show carnival yang menampilkan busana dari bahan bambu yang akan diikuti 53 peserta ditambah 10 talent peserta terbaik. “Kita sudah seleksi dan persiapkan secara matang,” cetus Kades.

Sementara itu, Untung Hermawan, salah satu pengrajin bambu  asal Desa Gintangan mengungkapkan, para pengrajin dan warga sekitar merasa senang jika ada gelaran seperti ini, apalagi masung dalam agenda Banyuwangi Festival. Sehingga, dengan adanya hal seperti ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan kerajinan bambu khas Desa Gintangan bisa lebih dikenal dengan masyarakat luas, tukasnya. (fat/bud)

Sumber | Surat Kabar Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Desa Gintangan Gelar ‘Festival Bambu’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*