January 20, 2018

Bupati Anas Jamu Para Diaspora Banyuwangi

bupati banyuwangi

Banyuwangi – Setelah dua hari menggelar openhouse di kediaman pribadinya di Karangdoro, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas siang tadi giliran menjamu para perantau asal Banyuwangi di Pendopo Sabha Swagata. Ribuan diaspora Banyuwangi menyerbu rumah dinas Bupati untuk ikuti Open House dan bersilaturahmi dengan orang nomor satu di Banyuwangi sambil nikmati jamuan makan yang memang telah disediakan oleh Pemkab Banyuwangi.

Acara rutin tahunan ini juga dihadiri sejumlah pejabat  penting asal Banyuwangi. Seperti Direktur Utama PT. Telkom, Arif Yahya, Yusron EGM DBS PT. Telkom (Executive General Manager Bussines Services), Hery Jerman eks Kajari Banyuwangi dan beberapa pengusaha sukses perantauan dalam gabungan Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) Dewata dan Surabaya.

Tak heran jika Open House yang digelar pada 3 Syawal (30/7) ini dijadikan bak pertemuan dadakan para diaspora asal Banyuwangi. Makanan khas seperti rujak soto, pecel pitik dan nasi janganan menjadi pelengkap pelepas kangen akan hidangan asli Banyuwangi.

“Jamuan untuk pemudik dan perantauan ini sudah jadi tradisi. Pemerintah daerah memborong kuliner lokal untuk disuguhkan kepada mereka,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Bupati Anas mengatakan, jamuan tersebut adalah bagian dari upaya mengonsolidasikan kekuatan dan potensi warga Banyuwangi yang tinggal di luar kota dan kini sedang mudik ke kampung halamannya. Berbagai latar belakang profesi warga Banyuwangi dioptimalkan untuk membantu perkembangan daerah berjuluk “The Sunrise of Java” tersebut.

“Kami terinspirasi oleh gerakan Diaspora Indonesia yang berhasil mengonsolidasikan ribuan WNI di luar negeri dengan beragam profesi.  Katakanlah ini disebut “Banyuwangi Minded”, di mana pun para warga berada, di berbagai kota atau di luar negeri, tetap bisa berpikir dan berkontribusi untuk Banyuwangi,” kata Bupati Anas.

Para warga Banyuwangi di berbagai daerah tetap bisa berkontribusi untuk pengembangan daerah. Misalnya, yang berprofesi sebagai dosen bisa membantu riset untuk pengembangan berbagai sektor, mulai dari pertanian sampai ekonomi kreatif. “Mereka juga diharapkan menjadi duta untuk memasarkan dan mempromosikan produk UKM serta destinasi wisata Banyuwangi,” tutur Bupati Anas.

Bupati Anas berharap, jamuan ini akan membangun cerita positif tentang Banyuwangi. Daerahnya kini memang sedang giat berbenah untuk menjadi destinasi wisata dan investasi. “Membangun conversation positif di kalangan publik luas sangat penting untuk menarik minat wisatawan dan investor. Conversation ini kami bangun bersamaan baik di dunia maya maupun secara nyata melalui kegiatan jamuan kuliner gratis semacam ini,” pungkas bupati yang pernah menempuh studi singkat ilmu kepemerintahan di Harvard Kennedy School of Government, Amerika Serikat, tersebut.

Sementara itu, Arif Yahya yang hadir bersama istri dan keluarga besarnya menambahkan, pulang kampung nya ke Banyuwangi ini rutin setiap tahun ia lakukan. Hanya saja perubahan pembangunan di Banyuwangi yang semakin pesat membuatnya semakin bangga akan tanah kelahirannya ini. Arif berharap Diaspora warga Blambangan ini bisa membangkitkan semangat warga perantauan untuk membangun daerahnya.

“Para diaspora ini memegang peran penting. Mereka adalah bagian dari pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan Selama dihati kita ada Banyuwangi-nya, berarti kita Diaspora Banyuwangi. Dan wajib bagi semuanya untuk turut membesarkan Banyuwangi dengan caranya masing-masing,” ujar orang nomor satu di PT. Telkom itu.

Suasana Openhouse ini bertambah meriah saat semua yang hadir bersama-sama menyanyikan lagu Umbul-umbul Blambangan, setelah sebelumnya di awal acara mereka menyanyikan lagu Tanah Kelahiran. Saat menyanyikan lagu Tanah Kelahiran ini, sejumlah undangan tampak meneteskan airmata haru karena lirik lagunya yang menggambarkan kerinduan perantau akan tanah kelahirannya.

Open House Lebaran 1435 H siang tadi juga dihadiri sejumlah tokoh lintas agama dan para mahasiswa penerima beasiswa Banyuwangi Cerdas beserta orangtuanya. Beasiswa Banyuwangi Cerdas adalah  beasiswa pendidikan perguruan tinggi yang diberikan kepada siswa berprestasi namun dari keluarga yang kurang mampu. (Humas Protokol-banyuwangikab.go.id)

banner 468x60