Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Bupati Anas Ajak Umat Islam Kembali Tekuni Sains

Bupati Anas Ajak Umat Islam Kembali Tekuni Sains

(397 Views) May 4, 2016 5:35 pm | Published by | No comment
Bupati Anas Ajak Umat Islam Kembali Tekuni Sains

– Bupati Abdullah hAzwar Anas, saat menghadiri haul Datuk Abdurrahim Bawazir

Banyuwangi, Memorandum – Ribuan jama’ah berjubel memenuhi komplek pemakaman Syekh Datuk Abdurrahim Bawazir di Kelurahan Lateng, Banyuwangi. Mereka hadir dalam peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad dan Haul ke-140 Datuk Abdurrahim Bawazir, sosok habaib yang mendakwahkan Islam di bumi Blambangan beratus tahun yang lalu. Selain komplek pemakaman, ada Masjid Al-Hadi yang tak jauh dari makam, yang merupakan peninggalan mubalig yang saban hari diziarahi ratusan umat muslim dari berbagai daerah itu.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang datang bersama keluarga besarnya, mengajak umat muslim yang hadir di acara haul tersebut untuk kembali mempelajari sains (ilmu pengetahuan). Menurut Bupati Anas, ilmu pengetahuan yang dimiliki Eropa merupakan warisan umat muslim yang pada abad ke-VIII menguasai Eropa dengan kerajaannya yang berpusat di Andalusia (kini Spanyol). “Teori-teori keilmuwan Eropa saat ini, merupakan warisan kerajaan muslim Andalusia,” kata Bupati Anas.

Sebagaimana diketahui bersama, peradaban Islam di Eropa tidak hanya menghasilkan berbagai ahli dibidang keislaman, seperti Ibnu Rusyd, Ibnu Arabi, dan lain sebagainya. Namun juga lahir para sainstis cum ulama semacam Ibnu Sina atau di barat disebut dengan Averos telah membangun pondasi ilmu kedokteran modern lewat karya tulisnya Qonun At-Tib. “Anak-anak kita harus dijelasksn tentang ini, agar mereka paham bahwa umat Islam pernah menguasai ilmu pengatahuan (sains),” jelas Anas.

Selain itu, Bupati Anas juga menjelaskan bagaimana umat Islam di Timur Tengah yang hancur akibat perang. Hal itu, menurut Bupati Anas, tak lain karena tidak adanya lagi persatuan dan kesatuan. “Mereka berebut sesuatu yang tak harusnya diperebutkan hingga menjadi perang antar saudara itu. Oleh karena, kepada para jama’ah untuk berdoa bersama, agar Banyuwangi dan Indonesia ini tetap baik dan aman. Terhindar dari perang antar sesama saudara,” kata Bupati Anas, disambut ucapan Amin dari para jamaah. (bud/hum)

Sumber |Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Bupati Anas Ajak Umat Islam Kembali Tekuni Sains

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*