Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Budayakan Transparansi, Tamu Pemkab Banyuwangi Diterima di Lounge yang Nyaman

Budayakan Transparansi, Tamu Pemkab Banyuwangi Diterima di Lounge yang Nyaman

(4222 Views) March 11, 2015 1:50 pm | Published by | No comment

Lounge Layanan Publik 1BANYUWANGI – Kantor Sekretariat Pemkab Banyuwangi kini punya fasilitas khusus buat para tamu yang datang ke area kantor tersebut. Fasilitas anyar itu adalah sebuah lounge atau ruang tunggu yang eksklusif dan nyaman. Namanya Lounge Layanan Publik. Di ruang ini, semua tamu bisa mengakses berbagai data yang diperlukan di lingkungan Pemkab Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, fasilitas lounge tersebut difungsikan untuk menerima semua tamu pemerintah daerah, baik itu tamu Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Kabupaten, maupun tamu dari setiap kantor bagian yang ada di lingkungan Sekretariat Daerah. “Kami ingin semua tamu yang datang ke Pemda mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan ramah,” kata Anas.

Lounge ini juga merupakan salah satu upaya untuk membudayakan transparansi di lingkungan Pemkab. “Jadi tidak ada lagi pertemuan-pertemuan rahasia, semuanya bertemu di lounge ini. Semua data Pemkab juga bisa diakses di layar-layar komputer yang disediakan,” kata Anas.

Di dalam ruang lounge tersebut memang telah disediakan empat layar komputer besar yang tersambung dengan internet. Di dalamnya terdapat berbagai data seputar kinerja SKPD maupun laporan APBD juga bisa diakses dengan mudah.

Selain itu, berbagai program seperti capaian bedah rumah, beasiswa, pelatihan pemuda, hingga hibah bisa dipantau. Aktivitas di rumah sakit, puskesmas, sejumlah pasar, hingga dinas-dinas bisa dipantau melalui CCTV yang tersambung dengan komputer di lounge tersebut. “Ini juga sarana bagi kami untuk meningkatkan kinerja para pegawai. Di pusat-pusat layanan masyarakat akan terpantau mana saja petugas yang tidak bekerja dengan optimal,” kata Anas.

Kepala Bagian Organisasi Pemkab Banyuwangi, Budi Santoso, menambahkan, lounge ini dulunya merupakan lobby yang terletak persis di bawah kantor Sekretaris Daerah. Area lobby diperluas dengan menjebol sekat beberapa ruangan yang terletak di area tersebut. Kini ruangan ini pun berasa lapang dan lega. “Siapa pun tamu Pemkab bisa diterima di lounge ini,” kata Budi.

Fasilitas didalam lounge juga cukup membuat kerasan. Ruangan nyaman yang ber AC dengan banyak kursi empuk untuk menampung sampai 60 orang sekaligus. “Kursi-kursinya ditata dengan melingkar agar bisa juga dipakai untuk rapat kecil,” ujar Budi.

Dan yang paling menarik disediakan makanan ringan dan minuman hangat bagi semua tamu dengan gratis. “Semua tamu bisa mengambil sendiri makanan dan minuman yang tersedia atau bisa juga minta tolong petugas,” imbuh Budi.

Budi melanjutkan, semua tamu yang datang ke kantor Pemkab, antinya akan langsung diarahkan menuju ruangan lounge ini. Setelah itu petugas resepsionis akan menghubungi  bagian atau staf Pemkab yang dituju. “Nanti pertemuan dengan staf yang dicari cukup di ruangan ini, sehingga terbuka, menjadi transparan,” pungkas Budi. (Humas Protokol)

Categorised in:

No comment for Budayakan Transparansi, Tamu Pemkab Banyuwangi Diterima di Lounge yang Nyaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*