Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Buah Naga Dipercepat berbuah Dengan Lampu

Buah Naga Dipercepat berbuah Dengan Lampu

(9262 Views) July 12, 2014 12:25 pm | Published by | 1 Comment

buah naga banyuwangiPURWOHARJO – Tanaman buah naga sedang menjadi primadona para petani Banyuwangi. Agar buah naga cepat berbuah, petani melakukan berbagai terobosan. “Agar cepat berbuah, pada malam hari kita gunakan lampu penerangan. Tanaman buah naga yang diberi lampu lebih cepat berbuah dibandingkan dengan tidak diberi lampu,” ungkap salah seorang petani buah naga Desa Temurejo, Kecamatan Purwoharjo, Cipto Marsuki (66), kemarin (11/7).

Sejak menanam buah naga tahun 2012 lalu, kata Cipto, banyak cara yang sudah dilakukan untuk mempercepat produksinya. Namun, yang terbukti hanya memberi lampu penerangan pada malam hari. Sebelumnya, dia merupakan petani padi, kemudian beralih menjadi petani jeruk. Setelah mendapat informasi tentang budi daya buah naga dari seorang teman, dia tertarik menanam buah naga. Luas tanah yang digunakan adalah lima hektare.

Dalam satu hektare bisa menampung sekitar 1. 800 tanaman buah naga. Buah naga sebaiknya ditanam di tanah yang strukturnya bagus dan airnya cukup. Selain itu, tanaman buah naga membutuhkan tiang penyangga. Tiang penyangga  yang digunakan bisa terbuat dari beton atau batang pohon randu yang masih kecil. Membuat tiang beton membutuhkan biaya Rp 25.000. hingga Rp 30.000. Jika menggunakan batang pohon randu hanya memerlukan biaya Rp 5.000 hingga 10.000 .

Jika menggunakan tiang beton bisa lebih praktis. Perawatannya juga lebih mudah,” kata Cipto. Cipto menjelaskan, satu tiang beton dapat menyangga empat tanaman buah naga. Jika tanaman buah naga sudah melebihi tiang penyangga biasanya akan dipotong. Hal tersebut dilakukan agar menghasilkan cabang yang rata. Cipto mengatakan, dia memberi lampu penerangan pada tanaman buah naga atas saran temannya. Tujuannya, agar lebih cepat berbuah dan masih bisa berbuah pada bulan Juni hingga Agustus.

Setelah lampu penerangan dipasang di atas tanaman buah naga, memang terbukti lebih cepat berbuah dibandingkan tanaman yang tidak diberi penerang. “Diperlukan ratusan lampu penerangan dengan daya 10.000 watt untuk lahan seluas 7.500 meter persegi,” tambahnya. Buah naga bisa dipanen setelah berusia delapan sampai sembilan bulan. Hasil panen dapat mencapai 24 ton pada tahun pertama dan dapat meningkat lagi pada tahun-tahun berikutnya. (radar-kabarbanyuwangi.info)

Categorised in: ,

1 Comment for Buah Naga Dipercepat berbuah Dengan Lampu

  • suwardi says:

    dari hasil survey yang saya lakukan pada tanaman naga yang diberi tambahan penyinaran dengan lampu listrik memang ada perbedaan dengan yang tanpa perlakuan, bagi petani naga yang lain selamat mencoba, memang kalau ingin sukses harus meniru cara cara orang sukses. yess! by http://www.sonisuwardi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*